4 Pemain Timnas Indonesia Dapat Klub Baru Setelah Piala Asia 2023

86

Piala Asia 2023 sudah tuntas bagi Timnas Indonesia. Skuad asuhan Shin Tae-yong tersisih di babak 16 besar usai kalah dari Australia dengan skor 0-4. Meski begitu, pencapaian tersebut jadi yang terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia.

Pada keikutsertaan sebelumnya, tim Garuda tidak pernah lolos dari fase gugur. Timnas Indonesia lolos ke fase gugur dengan status peringkat ketiga terbaik. Usai tampil di ajang Piala Asia 2023, beberapa pemain Timnas Indonesia sudah resmi mendapatkan klub baru.

Tercatat pada bursa transfer awal tahun 2024, ada empat nama yang mendapatkan klub baru. Ada siapa saja? simak selengkapnya di bawah ini!

1. Pratama Arhan

Pratama Arhan adalah salah satu pemain andalan Timnas Indonesia. Di fase grup Piala Asia 2023, Arhan selalu dimainkan di setiap pertandingan dan perannya cukup vital untuk membantu pola penyerangan sekaligus bertahan skuad Garuda.

Pada Selasa (16/1), Suwon FC secara resmi mengumumkan bahwa Pratama Arhan adalah pemain baru mereka. Kabar ini sekaligus menjawab rumor bahwa Arhan tidak lagi memiliki klub setelah berpisah dari klub liga Jepang, Tokyo Verdy.

 

2. Asnawi Mangkualam

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar resmi bergabung ke klub kasta tertinggi Liga Thailand, Port FC. Bek sayap kanan skuad Garuda ini merapat ke Port FC setelah dilepas oleh Jeonnam Dragon, klub lamanya.

Di klub barunya, Asnawi akan mengisi slot kuota pemain asing ASEAN yang menjadi salah satu aturan liga Thailand. Klub barunya ini akan jadi petualangan anyar Asnawi, setelah 3 tahun terakhir bermain di klub kasta kedua liga Korea Selatan tersebut.

 

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama baru saja rampung membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kini, dia akan kembali fokus berlatih di klub barunya, yakni KAS Eupen. Di klub barunya, Pattynama dikontrak selama 2,5 tahun.

Baca Juga:  DAY6 Umumkan Tanggal Comeback dan Perilisan Mini Album Fourever

KAS Eupen merupakan klub kasta tertinggi di Belgian Pro League. Namun, pada musim lalu, klub ini sempat terseok-seok di dasar klasemen. KAS Eupen berada di posisi 15 klasemen pada musim 2022/2023 dengan koleksi 28 poin dari 34 laga.

Di liga ini, ada kemungkinan Pattynama akan berhadapan dengan Sandy Walsh, rekan setimnya di Timnas Indonesia. Sebab, Sandy saat ini tercatat memperkuat KV Mechelen, klub yang berada di divisi teratas Belgia sama seperti KAS Eupen.

 

4. Elkan Baggot

Elkan Baggot juga punya klub baru setelah gelaran Piala Asia 2023 usai. Bek Timnas Indonesia ini resmi bergabung ke Bristol Rovers dengan status pinjaman dari Ipswich Town hingga akhir musim.

Bristol Rovers merupakan klub yang bermain di League One atau kasta ketiga liga Inggris. Saat ini klub tersebut berada di peringkat ke-11 dengan koleksi 37 poin dari 28 pertandingan. Perpindahan ini diharapkan bisa menambah menit bermain Baggot.

Sebab, selama membela Ipswich Town, Baggot hanya sering dimainkan di pertandingan-pertandingan khusus, seperti Piala Liga Ingris. Kendati demikian, pesepakbola berumur 21 tahun ini masih memiliki waktu yang panjang untuk terus berkembang.

Kesuksesan timnas Indonesia juga berimbas kepada para pemainnya. Ada empat pemain yang bergabung dengan tim baru di luar negeri. Kesuksesan timnas Indonesia juga berimbas kepada para pemainnya. Ada empat pemain yang bergabung dengan tim baru di luar negeri.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353