F1 Powerboat 2024 Kembali Digelar di Danau Toba

Ajang bergengsi kembali diadakan di Danau toba. Kali ini,  F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara akan berlangsung dari 1 sampai 3 Maret 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap ajang balap air itu dapat memberikan dampak ekonomi 20 persen – 25 persen lebih besar dari ajang yang sama tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan perhelatan F1 Powerboat kedua kalinya sebagai tuan rumah ini menjadi sebuah kebanggan bagi Indonesia.

Digelar di Danau Toba, Luhut menjelaskan kolaborasi dan kerja sama pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu membawa Danau Toba dan Indonesia bersinar di mata dunia.

“Kita harus bahu membahu dalam teamwork menyukseskan acara F1 Powerboat ini. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh stakeholder, khususnya BUMN seperti PLN yang mendukung agar perhelatan ini bisa berjalan sukses,” kata Luhut dalam konferensi pers, dilansir dari Mulutpost.id Senin (12/2/2024).

Kini di tahun 2024, kurang dari satu bulan, F1 Powerboat akan kembali digelar di lokasi yang sama. Tepatnya pada tanggal 1-3 Maret mendatang. Tentu, pihak terkait dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) juga berharap terjadi multiplier effect yang lebih besar.

“Kita berharap tahun ini ada peningkatan 20%-25% dan dampak ekonominya lebih besar karena semakin menonjolkan produk-produk ekonomi kreatif dan budaya,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, dalam Jumpa PersF1 Powerboat 2024, dilansir dari Mulutpost.id Senin (12/2/2024).

Perlu diketahui, pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, dampak ekonomi Powerboat F1 tercatat mencapai angka Rp391 miliar.

Guna mendorong target yang ada, Sandi kembali menyampaikan bahwa para pelaku ekonomi kreatif di Danau Toba telah diberikan pelatihan untuk mendukung kesuksesan F1 Powerboat 2024.

“Jadi kami mendorong produk kuliner, produk kriya, dan fesyen dari Danau Toba ini semakin berkembang karena juga sudah kita lakukan pelatihan di berbagai sentra ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba,” tambahnya lagi.

Ajang F1 Powerboat 2024 akan diikuti sembilan negara dengan 18 perwakilan pembalap. Karena itu, kesempatan ini dinilai menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk memperkenalkan sektor pariwisata melalui keindahan alam Danau Toba.

Baca Juga:  Daftar Harga dan Cara Beli Tiket We The Fest 2024

Dalam kesempatan yang sama, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan juga menyorot sisi lain penyelenggaraan yang akan mengombinasikan keindahan Danau Toba dengan kebudayaan Batak sebagai daya tarik.

“Akan banyak side event yang kita buat itu untuk mempromosikan culture atau budaya Batak yang dikombinasikan dengan keindahan Danau Toba,” paparnya.

 

Lokasi Acara F1 Powerboat

Nantinya, F1 Powerboat 2024 rencananya akan diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Sebanyak 18 pebalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti ajang ini.

Menariknya, InJourney juga akan menghadirkan side event untuk memeriahkan acara ini. Beberapa di antaranya seperti kompetisi Solu Bolon antar Kabupaten Sumatera Utara, dan juga kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series pertama yang akan diikuti oleh kurang lebih 30 atlet jetski Indonesia. Selain itu, side event juga akan menghadirkan festival budaya dan UMKM pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di Danau Toba.