7 Tanda-Tanda Penuaan Dini di Wajah yang Wajib Diwaspadai

58

Penuaan adalah proses dalam diri seseorang yang tidak bisa dihindari. Meskipun demikian, bagi wanita dan pria, terlihat muda dan sehat selama mungkin sangat diinginkan. Selain itu, genetika berperan dalam bagaimana kita semua menua, tetapi pilihan gaya hidup juga merupakan faktor utama yang menyebabkan beberapa orang menua harus lebih cepat daripada yang lain.

Meskipun setiap orang akan mengalami penuaan, namun penuaan dini yang terjadi lebih cepat dari seharusnya tentu membuat sebagian besar orang tidak nyaman hingga tidak percaya diri.

Jika Sobat Kovermagz juga mengalami hal yang serupa, berikut ini Kovermagz telah melansir dari cosmoploitan.id, 7 tanda-tanda penuaan dini di wajah yang perlu Anda waspadai!

 

1. Kerutan

Tanda penuaan dini yang paling mudah dilihat yakni munculnya kerutan, terutama di area wajah. Saat memasuki usia 30-an, produksi kolagen di kulit bisa menjadi lambat. Kolagen sendiri merupakan protein yang memberi ‘bentuk’ pada kulit, di mana kolagen juga membantu kulit tetap terlihat kencang dan tidak mengendur.

Jika produksi kolagen melambat, otomatis kadar kolagen di kulit akan menjadi lebih sedikit, sehingga kerutan lebih mudah terlihat. Kerutan juga umumnya sering terjadi di area dahi atau area sekitar otot yang sering digunakan seperti melansir dari Healthline.

 

2. Munculnya Sun Spots

Tanda-tanda penuaan dini selanjutnya yakni munculnya sun spots atau juga disebut sebagai age spots merupakan bintik pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun.

Bintik-bintik hiperpigmentasi ini bisa muncul di wajah, punggung tangan, atau lengan bawah. Selain itu, sun spots cenderung muncul pada atau setelah usia 40 tahun.

3. Kulit Kering

Kulit yang menjadi kering bisa menjadi beberapa tanda-tanda penuaan dini lainnya. Melansir dari Walk in Lab, kulit hingga rambut kering bisa menandakan dehidrasi dan kekurangan nutrisi yang disebabkan oleh perubahan hormonal terkait usia.  Sementara, rambut rontok adalah gejala lain yang banyak dialami seiring bertambahnya usia.

Baca Juga:  Daftar Bahan Alami Terbaik untuk Toner Wajah, Apa Sajakah Itu?

Meskipun hal ini mungkin merupakan bagian alami dari proses penuaan, hal ini juga dapat disebabkan oleh gizi buruk atau masalah tiroid.

 

4. Kulit yang Terasa Gatal

Selain kulit kering, tanda-tanda penuaan dini di wajah lainnya yang perlu kamu waspadai yakni kulit gatal.

Melansir dari Vibrant Skin Bar, kelenjar keringat dan minyak menghasilkan lebih sedikit minyak alami seiring bertambahnya usia, menyebabkan kulit kering dan terkadang gatal.  Beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup juga berkontribusi terhadap kulit kering, seperti merokok, stres, dan kurang minum air.

5. Kusam

Sering merasa kulit wajah terlihat kusam? Kamu perlu hati-hati karena bisa jadi ini merupakan tanda-tanda penuaan dini terjadi!

Dengan proses metabolisme yang lebih lambat, sel-sel kita membutuhkan waktu lebih lama untuk diperbarui. Sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit sehingga menyumbat pori-pori dan menghambat kelembapan alami kulit.

Hasilnya kulit tampak kusam. Kulit kusam juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, stres, kurang tidur, merokok, dan lainnya.

6. Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit tidak merata menjadi salah satu tanda-tanda penuaan dini di wajah yang perlu diwaspadai. Kamu mungkin pernah melihat sekumpulan bintik-bintik muncul entah dari mana, atau mungkin pernah melihat titik gelap yang tampak semakin gelap seiring berjalannya waktu.

Apa pun masalahnya, tanda-tanda halus pada warna kulit yang tidak merata ini bisa menjadi indikasi penuaan dini pada kulit.

 

7. Elastisitas Menurun

Tanda penuaan dini di wajah terakhir  yang bisa terjadi yakni elastititas kulit wajah menurun. Melansir dari Kate Somerville Skin Health Experts, meskipun mungkin tidak terlihat jelas setiap saat, saat kamu bercermin, kulit yang kendur atau sedikit kendur dapat terlihat, terlebih saat kamu membandingkannya dengan penampilan di masa lalu.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353