Menakjubkan, 1000 Tenda Kaldera Toba Festival Hadirkan Sejuta Kesan

218

Penulis: Indriyana Octavia
Foto: Dok. Rumah Karya Indonesia (Andi Siboro)

Desa Meat, Kecamatan Tampahan Balige, Kabupaten Toba Samosir terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan 1000 Tenda Kaldera Toba Festival pada 28-30 Juni 2019. Kegiatan yang diprakarsai oleh Rumah Karya Indonesia (RKI) ini berhasil merangkul 4.382 peserta yang berasal berbagai daerah seperti Teluk Bintuni Papua Barat, Manado, Makassar, Banyuwangi, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Desa Meat selain menawarkan lanskap hamparan sawah yang luas dan pemandangan bukit yang hijau, juga memenuhi syarat kelayakan sebagai tempat perkemahan karena berada di sekitar permukiman masyarakat. Dengan biaya Rp20.000,00- per orang, peserta sudah mendapatkan fasilitas parkir, lapak tenda, stiker, toilet dan bisa mengikuti seluruh agenda kegiatan 1000 Tenda Kaldera Toba Festival.

Acara yang rutin digelar tiap tahun ini bertujuan untuk menciptakan ruang edukasi bagi anak muda lewat pertunjukan seni budaya agar lebih mencintai alam dan kehidupan sosialnya sekaligus memperkenalkan destinasi wisata baru yang bisa memberikan dampak positif secara ekonomi terhadap masyarakat Desa Meat.

Agenda kegiatan 1000 Tenda Kaldera Toba Festival kali ini yakni berkemah, diskusi tujuh topik, pertunjukan budaya, aksi bersih, pameran produk kreatif, instalasi seni, pelatihan menulis, kumpul komunitas, pertunjukan musik, fun games hingga trip wisata desa yang bisa diikuti oleh peserta seperti memanen bersama, berkunjung ke desa adat.

Tak tanggung-tanggung, bintang tamu yang dihadirkan pun tak kalah seru, sebut saja Punxgoaran, DJ Putra, Hanna Pagiet, Morning Blue, BOB Nakal, Bilang Hip-Hop, Sneak, Diknal & Friends, Dispencer, Sanggar Meat, Akar Primitif, dan Muda-Mudi Meat.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!