Tidak Semua Sisi Egois Berdampak Buruk, Nyatanya Egois Cukup Baik Untuk Self-Care

250

Medan, Kovermagz.com – Apa yang ada dibenak anda jika mengenal kata self care? mungkin produk perawatan kulit, salon kecantikan atau specialist kuku dan banyak lagi.

Namun ternyata jika ditelaah lebih dalam self care dimulai sebagai cara untuk merawat diri anda baik secara fisik dan mental yang kemudian berkembang menjadi kesejahteraan emosional didalam diri seseorang.

Mungkin saja kamu enggan untuk menolak ajakan makan malam rekan kerja ketika sedang tidak ingin melakukan aktivitas setelah pulang bekerja, tetapi kamu tidak enak untuk menolak karena takut melukai hati rekan kerja.

Jika hal-hal yang kamu prioritaskan pada diri sendiri tersebut berujung pada penyembuhan diri sendiri, lalu apa bisa kamu disebut egois?

Terkadang menjadi egois bukanlah sebuah hal yang buruk, ada hal yang benar-benar harus dilakukan jika itu demi kesehatan diri dan juga mental kamu. dilansir dari the health line, ini adalah saat-saat dimana kamu perlu self-care terhadap diri sendiri:

1. Ketika kamu butuh bantuan

Setiap orang memang hakikatnya selalu membutuhkan bantuan orang lain. tak dapat dipungkiri terkadang kita selalu berfikir bahwa jika meminta bantuan orang lain dapat membuat diri terlihat menjadi tidak kompeten dan lemah. padahal meminta bantuan juga diperlukan ketika anda memang membutuhkannya.

2. Saat Kamu perlu beristirahat

Ketika kamu merasa lelah, baik secara emosional atau mental, itu adalah yang tepat untuk kamu beristirahat dengan cara tidur.

konsekuensi yang didapat ketika kamu tidak tidur dalam keadaan yang cukup adalah dapat menganggu fokus dalam suatu hal, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan yang lebih fatal dapat memicu masalah memory ingatan kamu. jadi jangan paksakan diri sendiri ketika sudah benar-benar lelah yaa!

Baca Juga:  MENGEJAR KESEMPURNAAN KECANTIKAN, SEJAUH APA?
A young woman performing a yoga routine on the beach in the summer sun

3. Saat kamu butuh waktu untuk sendirian

Beberapa orang mungkin tidak mengerti jika kamu lebih memilih untuk tinggal dirumah dari pada pergi keluar. jika itu adalah hal yang memang ingin kamu lakukan, jangan merasa egois karena ingin sendirian.

Semua orang terkadang membutuhkan waktu untuk sendiri, dan terkadang interaksi sosial juga terasa melelahkan bagi sebagian orang, jadi tidak apa kok kalau kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri

4. Ketika sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan, atau situasi kehidupan

Jika merasa hubunganmu tidak lagi berjalan lancar, atau sudah saatnya kamu pergi ke kota yang baru, saatnya pikirkan kembali apa yang akan kamu lakukan kedepannya.

sebagian dari banyak orang merasa tidak ingin menyakiti perasaan seseorang. namun jika kenyataannya hubungan tersebut sudah membuat kamu tidak nyaman, saatnya mengutamakan kesehatan diri sendiri.

5. Saat kamu lebih banyak memberi dibandingkan menerima

Meskipun ini dianggap baik dalam suatu hubungan, namun semuanya memang harus memiliki keseimbangan. Ketika yang kamu lakukan hanya memberi dan orang lain hanya mengambil  dan menerima berarti sudah saatnya kamu melakukan sesuatu.

keseimbangan memberi dan menerima ini sangat penting jika kamu berhubungan dengan seseorang.

6. Ketika pekerjaan sudah mengganggu kehidupan pribadimu

Setiap orang pasti pernah kelelahan dalam bekerja. jika kelelahan itu terjadi terus menerus, itu dapat membahayakan kehidupan pribadi kamu

jadi ketika sudah tiba waktu pulang bekerja, berhentilah untuk bekerja. jangan balas lagi email client atau jangan tunda makan malammu hanya karena menunggu balasan client untuk dimintai tanda tangan.

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber