Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

322

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut ekstrak temulawak dan ikan gabus dapat dijadikan contoh suplemen penanganan infeksi virus corona (Covid-19). Temulawak merupakan salah satu tumbuhan obat yang memiliki banyak manfaat dan khasiat kesehatan.

Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma zanthorrhiza, masih satu klasifikasi dengan kunyit atau Curcuma longa. Kandungan utama dari tumbuhan ini adalah curcuma atau curcumin.

Temulawak disebut sebagai salah satu ekstrak atau suplemen nutrisi yang paling efektif. Banyak penelitian menunjukkan temulawak memiliki manfaat untuk otak dan tubuh.

Berikut manfaat temulawak untuk kesehatan

  1. Kaya antioksidan

Temulawak kaya akan antioksidan yang dapat melawan peradangan dan sumber penyakit. Peradangan pada organ merupakan awal mula penyakit. Antioksidan pada temulawak dapat menekan banyak molekul yang menyebabkan peradangan pada organ tersebut.

Antioksidan ini juga berguna sebagai bentuk pencegahan berbagai penyakit.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan
Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

Dikutip dari Rx List, temulawak memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. Temulawak digunakan untuk mengobati sindrom iritasi usus besar, perut kembung, asam lambung, gangguan lambung, dan keluhan pada hati dan kantung empedu.

Temulawak juga baik untuk meningkatkan nafsu makan. Sejumlah suplemen menggunakan kandungan temulawak untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Temulawak dan keluarga curcuma lainnya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi temulawak bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan curcumin kandungan di dalam temulawak  meningkatkan fungsi endotelium, lapisan pembuluh darah.  Lapisan pembuluh darah yang rusak dapat mempengaruhi tekanan darah serta pembekuan darah yang meningkatkan resiko penyakit jantung.

Artikel ini sudah tayan di https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200715202818-255-525184/5-manfaat-temulawak-untuk-kesehatan dengan judul Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan.