Staycation Saat Pandemi Apakah Aman?

57

Status zona merah pandemi memang sudah tidak lagi ditetapkan di kota-kota di Indonesia, namun bukan berarti kita sudah bisa melonggarkan protokol kesehatan yang biasa diterapkan. Kita semua memang sudah tidak betah di rumah, lelah was-was setiap kali harus bepergian atau melepas penat. Kover punya satu alternatif liburan yang bisa Kawans coba untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, teman, pasangan atau mungkin sendiri. 

Staycation. 

Ya, staycation belakangan memang menjadi tren dimana ini adalah sebuah kegiatan berlibur dengan menetap di sebuah hotel, villa ataupun homestay. Staycation bisa membantu Kawans untuk melepas penat dan rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, lewat fasilitas yang biasa disediakan tempat penginapan. Entah itu sarapan yang berbeda dari biasanya, berenang, gym, spa, atau bahkan hanya sekedar leyeh-leyeh seharian di kamar. 

Nah, sebelum Kawans booking kamar penginapan dan menghabiskan akhir pekan dengan staycation, Kover kasih beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan kalian untuk liburan akhir pekan tanpa perlu was-was… 

Pertama, pastikan kondisi Kawans dan keluarga atau teman atau pasangan kalian SEHAT! Liburan saat kondisi badan sedang tidak baik bukan sebuah ide yang baik karena tentu saja imun kalian sedang tidak berada di kondisi yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga kemungkinan terjangkit penyakit, termasuk COVID19 menjadi mudah. 

Kedua, pastikan lokasi menginap kalian berada di ZONA HIJAU atau lokasi aman COVID19. Jangan sampai kalian malah menginap di lokasi berbahaya berzona merah dan mengakibatkan kamu berada dalam kondisi mudah untuk terpapar COVID19. 

Ketiga, cari tau FASILITAS yang ada atau yang ingin kalian dapatkan selama staycation. Mulai dari preferensi jenis kamar, gym dan kolam renang, sampai spa dan massage. Oiya, restoran juga bisa menjadi salah satu pertimbangan kalian dalam menentukan lokasi staycation.

Keempat, benar-benar ISTIRAHATlah selama staycation. Banyak orang yang kerap lupa bahwa staycation dilakukan untuk rehat dari rutinitas, sehingga tidak jarang gangguan-gangguan lain muncul selama staycation. Pekerjaan misalnya. Pastikan sebelum staycation semua pekerjaan kalian sudah rampung jadi kalian aman untuk berlibur atau bahkan mematikan ponsel selama liburan. 

Dan yang kelima, pastikan tempat kalian menginap nanti menetapkan PROTOKOL KESEHATAN yang baik. Bagaimanapun, kita tetap harus waspada terhadap penyebaran virus COVID19, oleh karena itu kalian harus memastikan tempat kalian menginap menyediakan prokes yang baik mulai dari penyemprotan desinfektan yang rutin, memperhatikan penggunaan masker di area penginapan, memiliki fasilitas penunjang seperti tempat cuci tangan yang baik serta hand sanitizer. 

Gimana? Udah paham kan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk staycation? Jangan sampai niatan melepas penat malah jadi kebablasan dan terpapar virus akibat terbuai dan abai terhadap protokol kesehatan. 

Satu lagi, VAKSIN! Kalau sudah memenuhi dosis vaksinasi lengkap, resiko tertular virus COVID19 semakin rendah, sehingga liburan juga tidak perlu waswas. 

Sekian tips dari Kover, semoga kita semua sehat selalu ya Kawans. Stay safe!