Simak 6 Tanda Bahwa Hotel Sudah di Bersihkan Dengan Benar

191

Medan, Kovermagz.com – Pandemi virus corona yang masih berkeliaran dan membuat khawatir jelas menjadi suatu ketakutan tersendiri bagi masyarakat dunia, terlebih saat melakukan berbagai aktivitas. Himbauan menjaga kebersihan pun kini adalah hal wajib dilakukan ketika bekerja dan melakukan kegiatan diluar rumah.

Menginap di hotel untuk urusan pekerjaan atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga terasa berbeda karena adanya virus yang berasal dari Wuhan ini. Pengunjung kini lebih kritis dalam memilah hotel untuk dikunjungi, dan kebersihan hotel menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri bagi tamu yang ingin berkunjung ke hotel.

Belum cukup hanya dengan melihat tatanan hotel yang rapi menandakan bahwa hotel tersebut sudah dibersihkan dengan benar.

Apa saja tanda bahwa hotel sudah dibersihkan dengan benar? Berikut adalah 6 Indikator yang menandakan bahwa hotel sudah dibersihkan dengan benar (dikutip oleh Kompas.com)

  1. Periksa apakah ada air yang tertinggal di mesin kopi atau ketel listrik.

Pertanda baik ketika kamu ingin membuat secangkir kopi atau teh hangat jika tidak menemukan air yang tersisa di dalam mesin, sebaliknya jika terdapat air yang tersisa di dalam mesin maka tandanya kamar tersebut belum dibersihkan secara maksimal oleh petugas hotel.

Menurut Top Cleaners London, perusahaan penyedia jasa tenaga pembersih, sisa air dalam ketel adalah indikator yang jelas bahwa petugas housekeeping kurang teliti dalam tugasnya.

  1. Periksa bingkai jendela

Ketikan masuk ke kamar hotel, kamu bisa cek kebocoran akibat hujan, apakah ada jamur yang terdapat di kusen atau jendela, atau mengecek apakah ada serangga yang mati. Jika kamu menemukan bangkai serangga seperti lalat, itu artinya ruangan hotel tersebut belum dibersihkan dengan benar untuk waktu yang lama.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

  1. Periksa wastafle, bak mandi dan saluran air

Ketiga benda ini adalah tempatnya sarang kuman dan virus. Perhatikan wastafle dan bak mandi, Jika terdapat gumpalan rambut yang di wastafle, bak mandi maupun saluran air, dapat dipastikan area tersebut belum dibersihkan dengan benar. Dan biasanya jika tidak segera  dibersihkan akan timbul jamur pada permukaannya.

  1. Periksa sprei

Selain sprei yang bersih dan wangi serta tidak ada bekas noda, penting untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada permukaan sprei. Jika terdapat noda atau kotoran segera panggil petugas untuk menggantinya dengan yang baru.

  1. Periksa debu

Melihat kamar hotel yang bersih dan berkilau adalah satu hal yang dinanti-nantikan saat berlibur. Adanya debu di kamar bisa menjadi tanda peringatan saat masuk ke ruangan baru.

“Jika ada debu di sebuah ruangan, itu tidak dibersihkan dengan benar. Sesederhana itu,” kata para ahli di Top Cleaners London.

  1. Bagaimana standar hotel berubah

Normalnya housekeeping hanya melap, mencuci, atau sekedar menyedot debu kamar. Tapi setelah adanya virus ini, banyak hotel-hotel yang mengubah standar kebersihannya dengan cara mensterilkan barang-barang yang disentuh menggunakan disinfektan.

Penulis: Jehan Erwita

Dokumentasi: Berbagai Sumber