Rawat Masker Kain Dengan 4 Step Ini

81

Medan, Kovermagz.com – Himbauan memakai masker akibat adanya virus corona mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan alat-alat pelindung kesehatan seperti masker dan faceshield. Kini masker sudah seperti kebutuhan bagi masyarakat dalam beraktifitas.

Masker-masker yang biasa digunakan seperti masker bedah, saat ini sudah susah didapatkan dipasaran hingga akhirnya masyarakat beralih pada penggunaan masker kain.Selain mudah dicuci masker kain dapat digunakan berulang kali. D

ikutip dari Dr. Shawn Nasseri (Tirto.id) masker buatan sendiri memang tidak seefektif masker bedah atau masker N95, tetapi masker kain ini memang dapat meminimalisir penularan virus yang terjadi.

Tapi dalam penggunaan masker kain berulang perlu dilakukan perawatan yang tepat agar masker dapat selalu berfungsi dengan baik. berikut adalah langkah yang dapat dilakukan dalam merawat masker kain:

  1. Rendam Menggunakan Air Panas

Air panas dapat membunuh kuman-kuman yang menempel didalam masker. Siapkan air panas dengan suhu 50-60 C. WHO juga menjelaskan suhu 140 derajat F atau 56,11 derajat Celcius dapat membunuh virus corona.

  1. Mencuci Dengan Detergen
Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

Mennesota Departement of Health menjelaskan bahwa untuk mencuci masker kain kotor bisa dibersihkan atau dicuci dengan air panas bersama detergen biasa.

  1. Keringkan di Bawah Matahari

Setelah mencuci masker dengan bersih, langsung keringkan dibawah sinar matahari atau dapat juga menggunakan pengering panas. Pengeringan masker kain juga butuh perhatian sebagaimana proses mencucinya. Dimitar Marinov, Assisten Proffesor di departemen kebersihan Universitas Kedokteran Varna mengungkapkan jika pengeringan dengan suhu tinggi adalah yang terbaik dalam membunuh kuman.

  1. Setrika Dengan Suhu Sesuai Bahan

Langkah terakhir adalah setrika masker dengan suhu yang pas dengan bahan kain. Setrika bagian luar dan dalam masker, dan hindari menyetrika bagian karetnya.

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber