Rekomendasi Tempat Wisata Pemandian di Sumatera Utara

227

Menjelang hari liburan yang akan tiba, tidak ada salahnya bila anda menghabiskankannya di Sumatera Utara. Pasalnya, selain memiliki banyak destinasi wisata yang indah nan memesona, Sumatera Utara juga memiliki tempat wisata pemandian yang dapat anda kunjungi guna melepaskan rasa penat. 

Anda juga bisa berenang atau sekedar mandi merilekskan tubuh dan pikiran tanpa harus merogeh kocek terlalu dalam. Kendati begitu, pastikan untuk selalu menjaga etika dan perilaku anda apabila anda berkunjung. Ada beberapa tempat wisata pemandian yang terkenal memiliki nilai historis sehingga hal ini tentunya tak boleh dipandang sebelah mata. 

Nah, lantas, apa saja tempat wisata pemandian di Sumatera Utara tersebut? Kalo ini, tim kovermagz akan mengajak anda untuk mengenalnya lebih dekat. Simak selengkapnya di sini!

Bah Damanik 

Rekomendasi pertama yakni pemandian alam Aek Manik atau Bah Damanik.  Lokasinya terletak di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Pemandian yang memakan waktu 4 hingga 5 jam dari Kota Medan tersebut memiliki air yang jernih lantaran berasal dari sumber mata air yang bersih nan jernih. 

Konon, pemandian alam Aek Manik atau Bah Damanik digunakan oleh raja beserta keluarganya untuk mandi. Damanik adalah salah satu marga yang ada di Suku Simalungun sekaligus marga tertua di sana. Kini, pemandian itu menjadi destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. 

Menariknya, bah damanik masih dikelola oleh para keturunan raja Damanik. Pemandian ini memiliki air berwarna biru yang sangat jernih. Tempat wisata ini juga masih dikelilingi pepohonan yang rindang. Fasilitasnya pun tersedia lengkap mulai dari tempat berganti pakaian, toilet hingga gazebo. 

Bah Tio 

Tempat pemandian alam banyak tersebar di wilayah Kabupaten Simalungun. Selain bah Damanik, ada lagi satu pemandian yang wajib anda kunjungi, yakni bah sampuran atau biasa disebut Bah Tio yang berada di Pematang Silampuyang, Kecamatan Jorlang Hantaran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Tempat wisata satu ini berbentuk kolam besar yang dapat menampung hingga puluhan orang. Bah sampuran memiliki panorama yang indah dengan udaranya sejuk dan asri. Panorama tersebut terlihat dari adanya pepohonan rindang yang mengelilingi sepanjang area pemandian.  

Pemandian ini juga memiliki air yang sangat bening dan jernih. Sangking beningnya, kondisi air tersebut seperti kaca dengan warna yang sedikit kebiruan sehingga dasar kolam terlihat dengan jelas. Tempat wisata ini terbuka untuk umum dengan jam operasional mulai dari pukul sembilan pagi hingga enam sore.

Goa Ergendang 

Terletak di Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, terdapat tempat wisata yang tak boleh anda lewatkan, yakni Goa Ergendang. Serupa dengan bah Damanik, goa ini juga memiliki nilai historis, yakni merupakan tempat pemandian putri-putri raja. Kini, goa ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. 

Di sini, anda dapat menghabiskan waktu untuk berenang dan berendam, menghilangkan pegal-pegal dan memanjakan badan. Air kolam ini mengandung belerang namun uniknya tidak berbau. Pasalnya, air tersebut diketahui berasal dari mata air panas Penen yang terkenal di Sumatera Utara. 

Selain memanjakan badan, Goa Ergendang juga menyuguhkan suasana yang sangat eksotis yakni pemandangan indah stalaktit-stalaktit dan ornamen-ornamen yang menghiasi dinding dan langit-langit gua. Pepohonan dan latar pemandangan goa juga akan semakin menambah suasana indah, segar dan sejuk.

Air Soda Parbabu

Pemandian air panas dan air belerang mungkin sudah sering didengar. Namun, bagaimana dengan pemandian air soda? Saat sedang mengunjungi Tapanuli Utara, Sumatera Utara, cobalah meluangkan waktu untuk berwisata ke Pemandian Air Soda di Tarutung, Desa Parbubu. Pemandian ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak 1976 oleh seorang bidan bernama Minar Sihite. 

Pemandian ini disebut air soda lantaran rasa airnya yang mirip seperti air soda. Pemandian ini hanya memiliki kedalaman 1,5 meter. Pada bagian dasarnya, pemandian ini masih bebatuan dan airnya terus mengalir tak henti. Pemandian air soda juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambil berenang, anda juga bisa merasakan udara yang segar dan pemandangan hamparan sawah plus jajaran Bukit Barisan. Fakta menarik, pemandian air soda hanya ada dua di dunia dan salah satunya berada di Venezuela.

Sunglo Sungai Lobang

Berikutnya ialah sunglo sungai lobang. Tempat wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan tujuan Wisata Sumatera Utara untuk berakhir pekan maupun saat memasuki liburan. Dari kejauhan, air di Sungai Lobang terlihat sangat biru, sementara saat mendekat, anda akan melihat bagaimana kejernihannya. Wisata sungai sebening air kristal ini berlokasi di desa Kerasaan, Simalungun, Sumatera Utara.

Sungai Lobang terbentuk akibat aktivitas letusan bawah tanah sekitar ratusan tahun yang lalu. Sehingga membentuk sebuah lubang dengan air yang sangat jernih. Keunikan lainnya, ada di salah satu sisi sungai memiliki lubang sedalam 50 meter, tentu ini sangat cocok bagi anda yang doyan uji nyali. 

Penduduk sekitar meyakini saat mendatangi Sungai Lobang dengan niat buruk nantinya akan mendapatkan sial atau sebaliknya. Terlepas dari mitos tersebut, hamparan air jernih di Sungai Lobang mampu menenangkan pikiran. Saking jernihnya, anda juga bisa mengabadikan dengan foto-foto keindahan bawah air.

Biaya memasuki wisata Sungai Lobang  terbilang gratis dengan berbagai fasilitas yang lengkap berupa toilet umum hingga tempat duduk untuk menikmati surga tersembunyi di kawasan Sumatera Utara.

Pemandian Alam Swembath 

Pemandian Swimbath merupakan objek wisata indah berupa kolam renang dengan sumber mata air pegunungan yang jernih dan bersih. Terletak di seputaran Desa Naga Soppa, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tempat wisata ini juga memiliki  nilai sejarah yang mengesankan.

Konon katanya, kolam pemandian ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda sebagai tempat pemandian bagi orang-orang Belanda, sehingga lokasinya masih menjadi bagian dari Perkebunan PTPN IV Laras, di mana dulu pernah dikuasai Belanda.

Pemandian alam tersebut juga mempunyai dua nama panggilan, yaitu sembat dan swembat, namun apapun sebutannya tetap saja tempat rekreasi yang dimaksud adalah Pemandian Swimbath. Dengan kedalaman kolam sekitar 30 – 70 cm, anda bisa berenang maupun menikmati keseruan bermain air dengan tenang. Anda juga bisa menikmati makanan atau minuman di pondok kuliner yang berbaris di tepi kolam pemandian.

Air Panas Pariban 

Terakhir adalah Air panas pariban. Tempat pemandian ini memiliki panorama indah dengan berlatar belakang Gunung Sibayak. Tak hanya itu, pemandian air panasnya yang hangat dan alami dapat membuat siapa saja betah berlama-lama. Mengapa? Sebab, di pemandian ini terdapat lima kolam air panas namun dengan tingkat temperatur suhu yang berbeda-beda. Oleh karena itu wisatawan yang berkunjung dapat dengan bebas memilih kolam yang diinginkan. 

Dilengkapi dengan area waterboom, anda dapat menjadikan air panas pariban sebagai tempat wisata keluarga. Setelah berendam di kolam air panas ataupun bermain di waterboom, anda bisa mampir ke area El-Resto Pariban, pondokan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman berupa nasi goreng, mi goreng dan kopi khas Karo yang wajib dicicipi.

Baca Juga:  Jaga Silaturahmi, Henna Artist Medan Sumut Gelar Gathering

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353