5 Film Animasi Buatan Indonesia yang Mendunia

430

Industri perfilman Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan. Salah satunya adalah film animasi yang kian banyak diproduksi oleh banyak talenta berkualitas dalam bidang animasi tanah air.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya film animasi lokal yang tak kalah memukau dari animasi Hollywood. Bahkan, film karya animator Tanah Air ini tak jarang mendapat penghargaan internasional.

Tak hanya itu, permintaan industri animasi Indonesia juga terus moncer dengan pesanan tak hanya dari dalam negeri. Pemetaan yang dilakukan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) menunjukkan, animasi Indonesia bahkan kerap diekspor ke berbagai belahan dunia termasuk Asia Timur, Eropa, Amerika Utara, dan Timur Tengah.

Adapun, dari segi ide cerita dan visual, film animasi Indonesia pun tidak hanya menyasar pangsa pasar anak-anak. Beberapa di antaranya bahkan ditujukan untuk orang dewasa dengan alur cerita yang menarik, baik diadaptasi dari cerita sejarah atau karya komikus lokal.

Nah,bagi yang penasaran, Ada sederat film animasi buatan Indonesia yang mendunia dan bisa menjadi tontonan kalian saat menikmati waktu luang. Yuk, intip hasil karya para animator Indonesia hebat di bawah ini

1. Candy Monster

Animasi pendek Candy Monster merupakan karya UMN Pictures yang pernah tayang di Zlin Film Festival ke-60 di Ceko. Menukil laman resmi UMN, Candy Monster diproduksi selama dua tahun, yakni dari 2017 sampai 2019 sebelum akhirnya lolos tayang di gelaran festival film.

Secara ringkas, animasi ini berkisah tentang anak perempuan berusia 6 tahun bernama Chloe yang gemar mengunyah permen. Syahdan, dia bertemu dengan sesosok monster misterius yang berusaha mengambil permen kesukaannya. Lantas, bagaimana Chloe menghadapi monster tersebut?

2. Si Juki The Movie

Si Juki The Movie merupakan film yang diadaptasi dari komik dengan judul yang sama. Pada tahun 2017, film ini dibawa ke layar lebar oleh Kumata Studio. Film “Si Juki The MOvie” juga pernah meraih piala citra pada tahun 2018 dan pernah berkolaborasi bersama film Spongebob Squarepants dari Nickelodeon dalam ‘The SpongeBob Movie: Sponge on the Run 2020’.

Baca Juga:  Uap Widya Kembali Dengan Single Penuh Kasih, ‘Be There For You’

Film ini melibatkan sejumlah aktor terkenal Indonesia sebagai pengisi suara seperti Indro Warkop DKI, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Agus Kuncoro, Tarzan, Arie Kriting, Mongol, Mudy Taylor, Ki Joko Bodo, Babe Cabiita, Nikita Mirzani, Wizzy, Jaja Mihardja, dan Maya Wulan.

Diceritakan, Si Juki merupakan seorang selebriti terkenal. Satu hari ia justru melakukan kesalahan sehingga membuatnya dimusuhi banyak orang.

3. Kiko and Friends

Film animasi Kiko and Friends di produksi oleh MNC Animation yang bertema karakter hewan laut ini berhasil tayang di 56 negara di dunia. Serial animasi anak-anak ini merupakan adaptasi dari cerita bergambar dalam majalah Just for Kids, tentang aksi petualangan yang penuh komedi. Film ini berhasil memenangkan penghargaan Best Children’s Programme (Program Anak Terbaik) dalam Asian Academy Creative Awards 2019.

4. Kuku Rock You

Animasi ini menceritakan tentang seekor ayam kampung dari Indonesia yang terobsesi menjadi penyanyi rock bersama teman-temannya. Dalam perjalanannya untuk menjadi penyanyi rock internasional, gerombolan ayam tersebut kerap mendapat gangguan dari para kucing.

Tak tanggung-tanggung, animasi buatan Achmad Rofiq selaku managing director dari DGM Animation studio ini berhasil mendapatkan penghargaan Japan Asiagraph 2008. Wah, membanggakan, ya?

5. Knight Kris

Knight Kris merupakan film animasi pendek Indonesia yang diproduksi oleh Viva Fabtasia Animation. Film ini berhasil mendapat penghargaan internasional San Diego Kid Film Festival di Amerika Serikat. Alur ceritanya berkisah mengenai Bayu, bocah laki-laki yang tidak sengaja menemukan kuil di dalam hutan. Ia pun mendapat sebuah keris dan membuatnya berubah menjadi harimau.

Film animasi bernuansa etnis Jawa ini ikut serta dalam kompetisi Internasional Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Award dan Calutta Film Festival. Dalam film Knight Kris, Deddy Corbuzier, Chika Jessica, Kaesang Pangarep, dan Stella Cornelia juga terlibat sebagai pengisi suara.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353