6 Aturan Makan di Kerajaan Inggris yang Tak Lumrah

139

Kehidupan sosial anggota kerajaan Istana Buckingham memang selalu memiliki daya tarik yang menarik untuk diikuti. Terlepas dari potret keluarganya yang harmonis dan penuh cerita, Kerajaan Inggris rupanya juga memiliki sejumlah aturan khusus yang wajib diikuti oleh seluruh bagian kerajaan.

Aturan makan misalnya. Dilansir Cheatsheet, para koki kerajaan dilarang keras untuk menambahkan bawang putih ke dalam olahan menu yang dibuat. Bukan itu saja, masih banyak aturan makan unik lainnya yang diterapkan di Istana Buckingham. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Etika peralatan makan

Makan dengan garpu dan sendok adalah salah satu dari sebagian banyaknya etika makan di kerajaan. Namun ada cara khusus makan dengan garpu, sendok, sekaligus juga menggunakan pisau yang benar.

Pertama, garpu dipegang oleh tangan kiri, pisau di tangan kanan. Garpu tidak boleh ditancapkan ke makanan, melainkan berada di belakang makanan yang akan dipotong pisau.

Tidak hanya itu, ada aturan tentang posisi peralatan makan di atas meja. Jika keluarga kerajaan belum selesai makan, tapi harus pergi untuk beberapa saat maka mereka harus meletakkan alat makannya secara menyimpang.

Jika sendok-garpu diletakkan di sudut bawah piring, maka tandanya telah cukup makan dan piring bisa dibersihkan.

2. Ratu selesai makan, maka semua harus ikut selesai

Koki pribadi Ratu Elizabeth Darren McGrady mengatakan setiap orang yang makan bersama Ratu harus ikut selesai makan jika ratu selesai.

“Begitu dia meletakkan pisau dan garpu, dia akan menekan tombol yang berisi para pelayan untuk masuk membersihkan makanannya, meskipun jika orang lain belum selesai makan,” kata McGrady.

Ratu juga biasa membawa tas tangannya kemana pun. Tas tangan ratu biasanya akan diletakkan di atas meja jika sudah selesai makan. Artinya, setiap orang di meja tersebut juga akan mengakhiri makanannya.

 

3. Tidak boleh ada bawang

Kerajaan Inggris anti bawang, terutama bawang putih. Salah satu alasannya karena bawang putih bisa menimbulkan mulut bau bawang saat berbicara, dan ini dianggap tidak memberikan kesan baik.

Baca Juga:  DAY6 Umumkan Tanggal Comeback dan Perilisan Mini Album Fourever

Namun, pelarangan bawang putih hanya berlaku untuk acara formal seperti jamuan negara. Meski demikian, jika ada jamuan dengan ratu meskipun termasuk dalam acara santai, bawang putih akan dilarang. Ratu Elizabeth secara pribadi tidak menyukai bawang putih.

 

4. Banyak telur

Biasanya, dalam jamuan kerajaan ada banyak telur yang disajikan. Rumor mengatakan bahwa Pangeran Charles sangat selektif dalam memilih telur apa yang akan disajikan. Ia bahkan menyiapkan tujuh jenis telur yang berbeda setiap pagi dan memilih kualitas terbaik.

Rumor lainnya menyebutkan, keluarga Kerajaan Inggris sangat menyukai hidangan telur. Mantan koki Pangeran Charles, Wycherley mengatakan keluarga kerajaan bahkan punya trik khusus merebus telur, yaitu direbus selama 4 menit pas. Telur juga disajikan di setiap sarapan kerajaan bersama teh.

 

5. Aturan minum teh

Afternoon tea atau jamuan teh sore menjadi tradisi keluarga Kerajaan Inggris. Namun, tak semua orang bisa menyajikan teh dengan baik dan benar.

Teh untuk keluarga kerajaan dibuat khusus. Pertama, teh masuk dalam cangkir, kemudian ditambah dengan susu, dan mengaduknya dengan gerakan bolak-balik sementara sendok tak boleh menyentuh sisi cangkir.

Keluarga Kerajaan Inggris juga diajari memegang bagian atas pegangan cangkir dengan ibu jari dan telunjuk. Jari tengah digunakan untuk menahan cangkir di bagian bawah.

 

6. Tidak ada menu pasta saat makan malam

Bagi mayoritas keluarga di Inggris, menyajikan pasta sebagai menu makan malam merupakan salah satu tradisi rumahan yang terus dilakukan hingga kini. Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi anggota keluarga kerajaan. Ya, di Istana Buckingham, sajian pasta biasa dibuat pada hari-hari khusus saja, bukan sebagai menu santapan harian.

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353