Rasakan Sensasi Alam Menakjubkan Lewat Air Terjun Sipiso-Piso

128

Mengenai destinasi wisata alam, Medan tak perlu diragukan lagi. Tatkala ingin berlibur maupun sekedar melepaskan penat dari hiruk pikuk pekerjaan, Anda bisa menjadikan destinasi wisata Medan sebagai pilihan yang tepat. Di sana, terdapat berbagai destinasi wisata alam yang sungguh beragam sekaligus menakjubkan. Sebut saja salah satunya ialah Air Terjun Sipiso-piso. Destinasi wisata air terjun ini terletak di Desa Tongging, kecamatan Merek Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Kabupaten Karo memang menjadi salah satu incaran tempat wisata yang paling diminati oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara. Sangking diincar, wisata-wisata ini dikelola secara ketat oleh Pemerintah Kabupaten Daerah Karo, seperti halnya dengan Air Terjun Sipiso-piso ini. Lantas seperti apa wisata air terjun Sipiso-piso ? Yuk simak ulasannya!

Asal-Usul Nama yang Menarik

Sipiso-piso-air-terjun

Diketahui, Nama Sipiso-piso diambil dari kata piso yang berarti pisau, sehingga dalam tipografi, air terjun ini dapat diibaratkan seperti pisau yang tajam. Namun disisi lain, ada juga yang menyebutkan Nama Sipiso-piso berasal dari nama sebuah gunung bernama Dolok Sipiso-piso yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipiso-piso dengan ketinggian sekitar 1.860 meter diatas permukaan laut. Sementara Air Terjun Sipiso-piso berada di bibir kaldera raksasa danau toba yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

Dengan ketinggian itu, Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu Air Terjun Tertinggi di Indonesia sekaligus air terjun yang terindah. Hal ini terlihat dari pesonanya yang indah dan memukau. Perpaduan hijaunya pepohonan serta pinus yang rimbun dengan dikelilingi bukit-bukit, bebatuan dan suara gemuruh air terjun, mampu membuat suasana hati dan pikiran lebih rileks dan tenang.

Ditambah lagi hamparan keindahan danau toba yang terlihat cukup jelas dengan udaranya yang sejuk dan airnya yang jernih menjadikan Air Terjun Sipiso-piso sebagai sebuah paket yang komplit untuk berlibur.

Di sana, terdapat beberapa gazebo-gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan air terjun sipiso-piso. Air terjun Sipiso-Piso memang memiliki daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Siapapun yang melihatnya akan terpesona dan berdecak kagum.