3 Jenis Buah Ini Kaya Nutrisi dan Ampuh Meredakan Batuk

130
3 Jenis Buah Ini Kaya Nutrisi dan Ampuh Meredakan Batuk

Hampir semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit yang satu ini. Tetapi kali ini Kovermagz tidak akan membahas tentang penyebab dari penyakit ini. Dalam artikel kali ini akan memuat berbagai buah yang bisa dikonsumsi saat mengalami batuk.

Saat sedang batuk, tentunya Anda harus pintar-pintar memilih jenis makanan yang akan hendak dikonsumsi, termasuk buah. Pasalnya, jika Anda salah dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak pada kondisi batuk yang semakin parah.

Pemilihan buah sebagai pereda batuk adalah pilihan yang tepat karena kandungan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu memulihkan . Penasaran dengan apa saja jenis buah yang bermanfaat untuk menyembuhkan atau mengobati batuk? Simak selengkapnya di bawah ini

1. Nanas

Buah yang satu ini kaya akan kandungan bromelain. Enzim ini memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin bersifat mukolitik, yakni dapat memecah dan mengeluarkan dahak dari tubuh.

Mengkonsumsi nanas berfungsi mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk. Banyak orang yang memilih minum jus nanas setiap hari dibandingkan meminum obat-obatan. Namun, Anda juga harus tau bahwa kandungan bromelain di dalam jus mungkin tidak cukup untuk meredakan gejala.

Meski begitu, Anda juga perlu berhati-hati dengan reaksi alergi bromelain di dalam tubuh. Hal ini biasanya dialami oleh pasien yang mengkonsumsi antibiotik dan obat pengencer darah.

2. Lemon

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C. Tak hanya batuk, buah ini memiliki berbagai manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit lainnya.

Vitamin C dapat membantu sistem imun untuk menghentikan infeksi virus atau bakteri penyebab batuk.Zat ini meningkatkan produksi limfosit yaitu sel darah putih yang berada dalam lini depan pertahanan tubuh untuk membasmi virus atau bakteri.

Jenis vitamin ini juga memiliki sifat antioksidan. Artinya, kandungan antioksidan di dalam buah lemon dapat meningkatkan perlindungan pada sel-sel tubuh dari serangan molekul radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat lainya, vitamin C dalam buah lemon bisa mempercepat pemulihan luka pada tubuh, termasuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh infeksi di saluran napas.

3. Jambu biji

Jambu biji kaya akan vitamin C dan zat besi. Keduanya merupakan nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk dan melawan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan jambu biji dapat mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.