Punya Moge? Begini Tips Perawatan hingga Biaya Servis Berkalanya….

91

Penulis: Frengki Hermanto Marbun
Fotografer: Vicky Siregar

Jika Anda memiliki sepeda motor, tentunya akan lebih memperhatikan estetika atau modifikasi motor. Anda terkadang lalai terhadap perawatan sepeda motor itu sendiri. Namun, tahukah Anda jika kerusakan sepeda motor itu sering terjadi karena kurangnya kesadaran atau menyepelekan hal-hal kecil, seperti mengganti oli.

Perawatan adalah salah satu hal terpenting yang jika tidak diperhatikan dengan baik, maka kondisi mesin akan memburuk dan kemungkinan bisa merusak sepeda motor itu sendiri. Apalagi sepeda motor gede (moge) seperti akan memerlukan perawatan khusus karena tidak seperti sepeda motor pada umumnya.

Sepeda motor Harley-Davidson adalah sepeda motor yang sangat diminati oleh kalangan atas karena rangkanya yang gagah, bentuknya yang mewah dan suara knalpot yang menggelegar. Motor ini pun dibanderol dengan harga 200 juta hingga 2 milyar dan membutuhkan perawatan ekstra karena sparepart yang mahal serta kondisi mesin yang cukup sensitif.

Di Indonesia, sepeda motor Harley-Davidson jarang digunakan setiap hari, sehingga mesin bahkan kelistrikan rawan mengalami kerusakan. “Sepeda motor Harley-Davidson adalah motor harian, namun jika tidak digunakan pada jangka waktu yang lama, kemungkinan akan terdapat kendala pada mesinnya. Untuk mencegah itu, sebaiknya bikers Harley harus mengendarai atau jalan minimal 5 kilometer per minggu. Karena besar kemungkinan mesin akan mengalami kerusakan jika motor tersebut tidak jalan per minggunya. Dalam arti, baterai, rem, dan oli, akan terganggu jika sepeda motor tidak hidup atau tidak dijalankan,” ucap Muhammad Afri Aulia selaku Service Supervisor Sumatera Motor Harley-Davidson Medan, sekaligus memberikan ulasan bagaimana cara merawat motor gede ini.