PJ Gubenur Sumut: Sumut Siap Menggelar Event Internasional Aquabike

654

Kovermagz – Sumatera Utara menyatakan siap menggelar perhelatan olahraga air berkelas dunia Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 di 4 kabupaten kawasan Danau Toba yakni Karo, Dairi, Samosir dan Toba.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin meninjau secara langsung lokasi venue Aquabike Jetski World Championshiop yang berada di kawasan Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (21/11/2023). Kunjungan tersebut sebagai bentuk dukungan penuh PJ Gubernur Sumut terhadap event kejuaran dunia jetski internasional, yang akan diikuti 118 pembalap dari 22 negara.

“Kami bersama 4 kabupaten telah menyatakan siap menyambut perhelatan Aquabike Jetski World Championship yang akan dilaksanakan tanggal 22-26 November 2023, tolong lokasi ini diawasi dengan baik. Bukan hanya untuk event Aquabike. Harus bisa terus digunakan secara berkelanjutan di masa depan,” kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat meninjau. 

Pj Gubernur Sumut yang didampingi Bupati Samosir Vandiko Gultom, PJ Sekda Samosir Rita Tavip Megawati dan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Zumri Sulthony juga mengajak semua pihak untuk terus bahu membahu, saling mendukung, membangun koordinasi agar penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship khususnya di kabupaten Samosir dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Saya harap penyelenggaraan jetski air berkelas dunia ini bisa membawa citra Danau Toba di mancanegara sebagai salah satu destinasi pariwisata olahraga air bertaraf internasional sehingga angka kunjungan pariwisata dan peningkatan ekonomi di Sumatera Utara bisa terus meningkat,” tambahnya.

PJ Gubernur Sumut juga mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan objek wisata agar terlihat nantinya terlihat nyaman, asri dan bersih. Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom juga menyampaikan apresiasi kepada PJ Gubernur Sumut beserta jajaran yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan Aquabike Jetski World Championshiop di Samosir.

“Kita sangat apresiasi kepada Pak PJ Gubernur yang memberikan perhatian serius terhadap kegiatan ini. Tentu ini menjadi satu spirit bagi panitia untuk bekerja maksimal agar kegiatan ini sukses,” pungkasnya.

Pelaksanaan Aquabike Jetski World Championship akan dihelat di Danau Toba dengan tuan rumah 4 (empat) Kabupaten, yakni, Karo, Dairi, Samosir dan Toba. Di Samosir sebagai salah satu tuan rumah akan berlangsung acara puncak pada tanggal 24 November 2023, namun sudah diisi dengan berbagai side event sejak tanggal 19-25 November 2023.

Kegiatan bertaraf internasional ini mengusung tema #UnitedSpiritOfLakeToba, dimana ini merupakan even bersama Kabupaten Se-Kawasan Danau Toba yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui kolaborasi Kemenkomarves, Kemenparekraf, Kemenpora dan Pemprov Sumut.

Setelah meninjau kesiapan venue Aquabike di Samosir, PJ Gubernur Sumut bersama rombongan kembali melakukan kunjungan ke Kenegerian Sihotang Kecamatan Harian untuk meninjau kondisi terkini terdampak banjir bandang.

Sementara untuk kawasan Karo dalam tinjauan langsung yang dilakukan PJ Gubernur Sumut, Hassanudin bersama Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang mengungkapkan kamar-kamar hotel dikawasan Tongging sudah penuh. 

“Kegiatan ini berdampak penuhnya hotel-hotel dikawasan Tongging” terang PJ Hassanudin.