PFI Medan Gelar Donor Darah Bantu Penderita Kanker

116
Hari Kanker Sedunia

Medan, Kovermagz – Dalam memperingati Hari Kanker Sedunia pada tanggal 4 Februari 2021, PFI Medan menggelar donor darah bekerjasama dengan XL Axiata, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan, Komunitas Blogger Medan, Vertical Rescue Indonesia (VRI) Sumut, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS), Komunitas Berbagi Bersama Fakar, Majelis Ta’lim XL Axiata dan Ikatan Alumni SMEAN2/SMKN6 Medan di Kampung Sejahtera, Jalan Zainul Arifin, Petisah Tengah, Medan, Sumatera Utara, Kamis (4/2).

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, mengatakan,”Kegiatan sosial ini dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia sekaligus rangkaian dari pelantikan dan rapat kerja PFI Medan, 27-28 Februari 2021. Kami ingin memberikan kontribusi untuk anak-anak penderita kanker dan juga warga Kampung Sejahtera agar terus semangat untuk meraih cita-cita dan mimpi dimasa depan. Melalui kegiatan donor darah ini, kami ingin merangkul jurnalis, komunitas dan perusahaan untuk ikut serta bersama-sama menjadikan Kampung Sejahtera menjadi lebih baik lagi. Selama ini, PFI Medan banyak melakukan kegiatan pengembangan masyarakat, melalui diskusi fotografi dasar untuk anak-anak hingga praktek langsung dilapangan. Sehingga anak-anak tersebut memiliki motivasi untuk terus berkembang.”

Rahmad menambahkan kegiatan yang dilaksanakan bersama jurnalis, komunitas, perusahaan ini diharapkan memberi manfaat buat para pendonor agar lebih sehat dan juga bermanfaat bagi anak-anak penerima donor darah. XL Axiata melalui MTXL Axiata juga memberikan donasi buku-buku untuk anak-anak Kampung Sejahtera, agar terus giat belajar dan membaca dirumah, Komunitas Berbagi Bersama Fakar memberikan 100 karung beras, Ikatan Alumni SMEAN2/SMKN6 Medan konsumsi dan sertifikat buat para pendonor serta bersama komunitas lain, PFI Medan mengajak untuk membangun Kampung Sejahtera menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Dalam kegiatan ini, protokol kesehatan 3M tetap diperhatikan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Hasil donor darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker.

Banyak manfaat donor darah yang dirasakan oleh para pendonor. Diantara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis.

Ketua P3KS, Aminurasid mengatakan, “Saya selaku warga Kampung Sejahtera, yang tergabung dalam Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini, terlebih lagi darah yang didonorkan ini akan disumbangkan untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain, terkhusus para penderita Kanker, semoga apa yang menjadi niat baik kita diridhoi Allah.”

Penulis & Fotografer: Vicky Siregar