Konsulat AS Pertama kalinya hadir di Chrismas Season Kota Medan

260

Pemerintah Kota Medan menutup rangkaian acara Christmas Season 2019 pada tanggal 7 Desember 2019 dengan meriahnya. Acara yang berlangsung selama lima hari itu, dibuka pada tanggal 3 Desember yang dimeriahkan oleh artis ibukota Novita Dewi dan ibadah pembuka yang dipimpin oleh seorang pendeta nasional Ps. David Herson. 

“Event ini untuk kita semua, dengan adanya event ini diharapkan suka cita Natal dapat dirsakan oleh seluruh masyarakat Kota Medan,” kata Plt Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution dalam kata sambutannya. “Christmas Season ini juga membuktikan bahwa Medan adalah kota yang religius, artinya semua pemeluk agama di Kota Medan dapat beribadah dan merayakan hari keagamaannya dengan nyaman,” lanjutnya.

Sebelumnya, kata sambutan dari Boydo HK Panjaitan mewakili tokoh masyarakat kota Medan menyatakan bahwa masyarakat Kristiani kota Medan selayaknya berterimakasih kepada Pemko Medan yang sudah memberikan pesta rakyat ini kepada masyarakat kota Medan, khususnya umat Kristiani. “Christmas Season bukan sekedar acara Natal, acara keagamaan, tetapi merupakan kegiatan kebudayaan masyarakat kota Medan. Hanya saja, saran kami, untuk di tahun-tahun ke depan agar persiapan acara 5 hari ini bisa dimulai paling tidak 2 bulan sebelumnya, agar lebih maksimal. Bahkan peserta-peserta yang ikut kompetisi bisa berlatih jauh-jauh hari,” kata Boydo HK Panjaitan.

Beberapa tamu kehormatan yang turut menghadiri acara penutupan Christmas Season ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Drs. OK. Zulfi, M.Si, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Dra. Hannalore Simanjutak, M.IP, dan mewakili Polrestabes Medan yakni Kasat Intelkam AKBP Masana Sembiring. Tak kalah istimewanya adalah kehadiran US Consul for Sumatra Guy Margalith dan President Convener IEAM (Indian Expatriates Association Medan) Ashish Sharma. 

“Saya suka dengan peribahasa asam di gunung dan garam di laut bertemu dalam satu belanga, karena peribahasa itu berbicara mengenai keberagaman. Ini yang saya sukai dari kota Medan,” kata Guy Margalith dalam kata sambutannya. “Tahun ini Indonesia dan Amerika Serikat merayakan 70 tahun hubungan diplomatik, satu agenda dalam perayaan ini adalah keberagaman. Indonesia dan Amerika Serikat sama-sama memiliki dan menghargai keberagaman,” lanjutnya. US Consulate ini juga menekankan seperti tema Christmas Season 2019 yakni “Hiduplah Sebagai Sahabat bagi Semua Orang”, agar perayaan ini mempererat persahabatan pemerintah Indonesia (Medan) dan Amerika Serikat.

Penutupan acara Christmas Season 2019 diawali oleh ibadah yang dipimpin oleh Pdt Heince Simanjuntak yang diikuti oleh pengumuman para pemenang perlombaan-perlombaan yang telah diselenggarakan dari tanggal 4-6 Desember 2019. Semua perlombaan dibuka umum untuk semua masyarakat kota Medan mulai dari anak-anak sampai dewasa. 

Untuk perlombaan fashion show kategori anak-anak, dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Clara Dwi Cantika, Charisma Aura Kasih Waruwu, Afdal, Shelomita, Dion Hsb dan Cia. Untuk kategori remaja / dewasa, dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Aisyah Lubis, Ica, Cinta Ganesh, Rezky Ananda, Ghea, William. 

Perlombaan stand-up comedy dengan tema “Toleransi” juga memeriahkan Christmas Season 2019. Dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Aleh, Wilbert, Rambe, Ade, Imam dan Dimas. Perlombaan menggambar dengan tema natal juga mendapat perhatian khusus. Gambar-gambar yang dilukis oleh anak-anak dengan indah dipamerkan di TD Pardede Hall, lokasi seluruh kegiatan Christmas Season 2019. Para pemenang lomba ini dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Pirton, Diandra, Richie, Tabitha, Juliyanti dan Nadin.

Lomba paduan suara pelajar dimenangkan oleh Kyrie Eleison Choir disusul oleh Solennelle Carol Choir dan Claresta Choir di posisi kedua dan ketiga, dan Sincera Choir di posisi Harapan-1. Sedangkan lomba paduan suara gereja dimenangkan oleh Amora Choir, disusul oleh Solideo Choir dan Paduan suara gereja Medan Adventist Academy, di posisi kedua dan ketiga. 

Untuk lomba vokal solo anak dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Hagios Sembiring, Chiara Siregar, Avelita lubis, Faboony Simbolon, Belinda Cintia Siregar dan Sema Nauli Lmbanbatu. Untuk lomba vokal solo remaja dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Michelle Tobing, Regina Sitorus, Joseph Hutajulu, Karen Angel Situmeang, Clen Willy Pakpahan dan Dalton Simanjuntak.

Perlombaan vokal trio juga tak kalah sengitnya. Dengan membawakan lagu-lagu rohani, perlombaan ini dimenangkan oleh Golden Voice, diikuti BRB Trio, KKJ Trio, Bakara Trio, Ashera Voice dan Trio Medan Adventist Academy. 

Untuk perlombaan liturgi pakaian daerah, dari urutan juara 1-3 diikuti harapan 1-3, adalah Shelomitha Saragih, Daren Rafael Syahputra, Gesela Sagal, Lois Margaret Sinaga, Jelita Trifera Sinaga dan Tabitha Fidelia. Beberapa perlombaan lain yang turut dilaksanakan dengan meriah adalah lomba menghias pohon natal dan lomba pidato keagamaan. 

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Penutupan Christmas Season 2019 berlangsung dengan sukses dan meriah. Jumlah pengunjung yang hadir melebihi jumlah yang dipersiapkan. Ada 250 undangan yang berasal dari Panti Asuhan Anak Gembira, Panti Asuhan Gratia Children, Panti Asuhan Yayasan Karya Murni, dan Panti Sosial Bina Laras untuk para penyandang disabilitas mendapat bingkisan natal dari pemko Medan. Di penghujung malam, suara merdu dari biduanita Retta Sitorus menambah suasana penuh sukacita menutup keseluruhan rangkaian kegiatan Christmas Season 2019.