Pentingnya Menjaga Sistem Imun Tubuh Di Era New Normal

106

Medan, Kovermagz – Di era New Normal seperti sekarang ini segala aktivitas harus tetap berjalan. Kita dituntut untuk hidup berdampingan dengan covid-19.

Pada masa New normal seperti sekarang, penting bagi kita untuk selalu tetap menjalankan protokol kesehatan serta menjaga sistem imunitas tubuh agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan aktifitas saat New normal berjalan dengan lancar.

Lantas bagaimana caranya agar tubuh tetap dapat fit ditengah situasi sekarang? Let’s check this out:

1. Tidur Yang Cukup

Orang dewasa memerlukan 7 jam tidur setiap hari, remaja 8 hingga 10 jam, dan bayi serta anak-anak membutuhkan tidur hingga 14 jam. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, hindari menatap layar satu jam sebelum tidur, tidur di ruangan gelap, dan tidur di waktu yang sama setiap malam.

2. Sering Berjemur

Vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh. Untuk mendapatkan vitamin D dengan mudah, berjemurlah di bawah paparan sinar matahari pada jam 07.00 hingga 09.00.

Ada juga yang mengatakan sebaiknya berjemur di jam 10.00, namun usahakan untuk tidak berjemur terlalu siang ya..

3. Konsumsi Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan probiotik yang membantu saluran pencernaan untuk bekerja dengan lebih baik. Contoh makanan fermentasi antara lain yogurt probiotik, tempe, kimchi, dan kefir.

Menurut penelitian, jaringan bakteri usus yang baik akan membantu imun tubuh untuk membedakan mana organisme yang berbahaya di dalam tubuh.

4. Olahraga Ringan

Olahraga pun dapat mengeluarkan bakteri dari saluran pernafasan serta mengurangi risiko penyakit. Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari sebagai cara untuk meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Kamu bisa lakukan lari santai disekitar rumah, atau lakukan plank dan squad dengan beberapa set.

5. Rutin Konsumsi Suplemen

Suplemen mampu memperkuat respon kekebalan sistem imun tubuh secara umum seperti vitamin C, vitamin D, Vitamin E hingga zat besi. Vitamim C dapat membantu tubuh membunuh mikroba berbahaya seperti bakteri, virus flu biasa dan pneumonia.

Vitamin D mampu meningkatkan jumlah makrofag atau sel kekebalan yang membantu membunuh sel penyakit. Tubuh kita bisa memproduksi vitamin D saat terpapar sinar UV. Vitamin E memiliki antioksidan yang kuat yang mampu membantu tubuh melawan infeksi bisa juga kita hasilkan dengan vitamin E. Vitamin ini dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Sedangkan Zat Besi selain protein didalamnya membantu pembentukan hemoglobin dalam meningkatkan kinerja otak dan otot zat besi juga dapat mengantarkan oksigen dalam pembentukan sel darah merah ke dalam tubuh.

6. Hindari Stress

Kita bisa mengontrol stres atau mengurangi stres dengan melakukan kegiatan yang kita sukai. Bisa dengan meluangkan waktu untuk menjalankan hobi, cari hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat, serta bisa juga dengan berolahraga.

Ingat..protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah tidak boleh dilupakan dalam masa New Normal seperti sekarang. Stay safe dan tetap jaga kesehatanmu beserta keluarga..

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber: Berbagai Sumber