Deretan Tanaman Hias Ini Tidak Terlalu Dianjurkan Untuk Dirawat Dirumah

173

Medan, Kovermagz – Merawat tanaman hias memang menjadi kesenangan sendiri bagi sebagian orang. Selain dapat mengusir rasa jenuh dan stress, merawat tanaman juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sang pemilik.

Faktanya, tidak semua tanaman aman lho untuk dipelihara. Ada beberapa tanaman yang jika dipelahara malah akan menimbulkan masalah kesehatan seperti gatal, alergi, dan dapat memicu masalah lainnya.

Lalu apa saja tanaman yang harus dihindari? Simak beberapa penjelasan berikut agar kamu tak salah pilih tanaman untuk dijadikan referensi menanam tanaman hias dirumah:

  1. Wisteria

Tanaman cantik yang masih termasuk keluarga kacang-kacangan ini memiliki ciri khas warna ungu yang cantik, dengan posisi menjuntai kebawah. Meski terlihat cantiik, Wisteria adalah salah satu jenis bunga yang berbahaya.

Biji dari tanaman ini mengandung zat saponin. Yang jika tidak sengaja tertelan akan menyebabkan rasa pusing, mual, muntah, sakit perut, diare dan bahkan bisa pingsan.

2. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua pastinya sudah tidak asing lagi karena sering kita jumpai. Terlebih, tanaman lidah mertua ini akhir-akhir ini sempat viral akibat harganya yang fantastis.

Namun di balik tampilannya yang cantik, lidah mertua ternyata adalah tanaman yang mengandung racun, lho.. Jika tidak sengaja dimakan dalam jumlah yang banyak dapat berakibat serius. Efek samping yang ditimbulkan tanaman hias beracun ini adalah muntah-muntah dan diare.

3. Tanaman sri rejeki 

Sri rezeki adalah tanaman berbahaya karena mengandung racun yang bisa mengakibatkan pembengkakan di mulut dan lidah, gatal hingga gangguan pernapasan.

Untuk keamanan, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya. Pasalnya, jika tertelan dalam jumlah yang banyak, hal tersebut bisa mengakibatkan kejang-kejang.

4. Spurge

Didalam tanaman Spurge terdapat zat jus putih beracun yang mirip dengan susu. Kandungan ini dapat menyebabkan luka bakar serta pembengkakan kulit yang parah.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Jika tanaman ini tidak sengaja mengenai mata, kandungan dalam tanaman Spurge akan menyebabkan mata terbakar parah dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

5. Selendang putih

Peace Lily merupakan tanaman hias yang hanya tumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah, itulah alasan mengapa tanaman ini lebih banyak dijumpai didalam ruangan. Namun, harus hati-hati sebab tanaman cantik ini adalah tanaman yang juga perlu kamu hindari di rumah.

Karena jika tak sengaja tertelan, mulut sampai tenggorokan akan terasa seperti terbakar. Selain itu, tanaman cantik ini dapat menyebabkan sakit dan muntah-muntah pada perut. Selendang putih juga dapat menyebabkan kematian apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Philodendron

Tanaman ini memiliki bagian ujung melengkung dan melancip, tumbuh merambat, dan sangat cantik sebagai tanaman hias di dalam rumah. Tak jarang juga tanaman ini digunakan sebagai bunga hias gantung didalam rumah.

Namun, perlu berhati-hati karena daun dari tanaman ini sangat berbahaya jika termakan. Pasalnya tumbuhan ini dapat menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak.

7. Rhubarb

Rhubarb adalah tanaman hias sejenis talas dan keladi. Tanaman ini memiliki batang berwarna merah, dan daun berwarna hijau.

Meski daunnya beracun, biasanya batangnya sering diolah menjadi makanan. Jika mengkonsumsi batang Rhubarb dalam dalam kadar yang tidak berlebihan tidak apa-apa kok untuk mengkonsumsinya..

8. Foxglove

Tanaman cantik berwarna ungu terang ini, memang cukup menyita perhatian ketika dipandang. Tapi jangan terkecoh, seluruh bagian kelopak foxglove ini mengandung glikosida.

Reaksi yang kerap muncul akibat tercemar glikosida antara lain adalahmuntah, mual, diare, sakit perut, halusinasi, hingga sakit kepala.

Bahkan dalam kondisi yang parah, dapat mengakibatkan denyut nadi rendah, tremor, kejang-kejang, dan serta gangguan irama jantung yang dapat membahayakan nyawa.

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai sumber