Pendaki Gunung Pemula, Perhatikan 7 Tips Ini

154

Medan, Kovermagz.com – Kegiatan mendaki gunung dewasa ini semakin banyak sekali diminati. Sebut saja seperti Gunung Sibayak yang berada di Tanah Karo, Sumatera Utara ini merupakan gunung yang ramai sekali dikunjungi wisata lokal maupun mancanegara.

Pasalnya,  gunung sibayak memberikan keindahan luar biasa tat kala sampai dititik puncak dan tak jarang banyak yang mengabadikan moment tersebut lewat visualisasi foto. Hal ini mengundang bagi mereka para pemula yang tak pernah mendaki gunung tapi ingin kesana sambil berswafoto dan menikmati keindahan dari puncak gunung Sibayak.

Ada 7 hal penting yang harus diperhatikan bagi para pendaki gunung pemula, berikut:

1. Pergi bersama Pendaki berpengalaman

Ini menjadi satu hal yang sangat penting bagi pendaki pemula yakni mengajak teman yang sudah berpengalaman mendaki gunung.

Pendaki yang sudah berpengalaman yang sudah terbiasa dengan aktivitas pendakian ini cenderung lebih cekatan ketika mempersiapkan sesuatu seperti mendirikan tenda misalnya.

Para pendaki dikenal dengan solidaritasnya yang tinggi, sehingga mereka akan menjaga kamu selama pendakian.

2. Cari info Gunung yang hendak Didaki

Pertama yang harus kamu lakukan adalah riset tentang gunung yang hendak kamu daki.

Kamu perlu mengetahui kondisi gunung tujuan yang paling terkini apakah aman bila dilakukan pendakian.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui medan, jarak dan waktu tempuh pendakian sehingga bisa mempersiapkan mental yang mumpuni.

Bila kamu pendaki pemula, sebaiknya mendaki gunung yang tidak begitu tinggi dengan jalur pendakian yang cukup landai dan tidak begitu ekstrim.

3. Hindari Pergi dengan jumlah Kelompok yang Besar

Pergi mendaki dalam kelompok besar berarti akan mengulur waktu tempuh pentakian karena tiap-tiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda.

Hal ini berpengaruh dengan waktu istirahat selama pendakian, semakin banyak orang yang beristirahat semakin lama kamu mencapai tujuan. idealnya berjumlah 4 atau 8 orang saja

4. Isi Tas dan Bawa Barang Secukupnya

Baca Juga:  Sudah Perawatan Namun Kulit Tak Kunjung Berseri? Kemungkinan Gaya Hidupmu Kurang Baik

Saat kamu mendaki untuk yang pertama kali mendaki gunung, jangan membawa barang yang terlalu banyak.

Pastikan kamu hanya membawa barang yang penting seperti pakaian ganti, jaket waterproof, sleeping bag, obat-obat pribadi, air minum, dan makanan manis.

Kamu tidak perlu membawa banyak baju maupun peralatan mandi dan kecantikan karena semua itu tidak akan terpakai.

Kamu juga harus pandai-pandai dalam membawa air minum yang notabene sangat penting tetapi juga dapat memberatkan tasmu.

Pemilihan jenis makanan manis lebih dianjurkan daripada makanan yang gurih karena makanan manis mengandung kalori yang tinggi sehingga cepat mengembalikan stamina tubuh.

Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menyimpan barang-barang yang mudah basah dan elektronik bila hujan datang ketika dalam pendakian.

5. Siapkan Fisik dengan Berolahraga

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya kamu mempersiapkan kondisi fisikmu terlebih dahulu dengan berolahraga setidaknya selama sebulan sebelum mendaki.

Hal tersebut tentu untuk menjaga stamina saat mendaki karena saat mendaki gunung, suhu dan tekanan oksigen akan jauh berbeda.

Mempersiapkan fisik dengan berolahraga ini bertujuan agar fisikimu tidak kaget ketika melakukan pendakian yang membutuhkan banyak tenaga ekstra.

6. Outfit yang dibawa harus sesuai

Jangan lupa kamu harus mengenakan jaket karena di gunung akan sangat dingin.

Selain itu sepatu gunung dan tas ransel (carrier) juga harus digunakan agar lebih nyaman saat melakukan pendakian.

Tak cukup sampai di situ, senter, sarung tangan, kaos kaki, jam tangan atau kompas, dan jas hujan juga wajib di bawa saat mendaki gunung.

7. Jaga Sopan Santun

Dan terakhir, ketika mendaki gunung kamu juga perlu menjaga sopan-santun karena gunung di Indonesia masih dikenal dengan kemistisannya.

Jangan berkata kasar apalagi kotor selama pendakian, jangan bersikap sombong dan angkuh, hal ini sebagai sikap hormat kita selaku tamu yang datang mendaki gunung.

Editor: Vicky Siregar
Foto: istimewa