Makin Muda Makin Pede Beraktifitas di Era New Normal Baru

120
Multi-ethnic group of people walking and having fun outdoors at sunlight

Generasi muda dikenal sangat cepat beradaptasi, lebih berani dan kreatif. Di era tatanan normal baru, orang-orang muda ini ternyata juga yang paling optimis untuk kembali beraktivitas.

Dalam survei yang diadakan oleh Lifepal.co.id, terungkap bahwa generasi Z, yaitu kelompok masyarakat dengan rentang usia 15-25 tahun, menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik di era normal baru.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi memang menyebabkan penurunan aktivitas masyarakat sampai 58 persen. Meski begitu, ketika PSBB mulai dilongggarkan, ternyata minat masyarakat untuk beraktivitas di tempat publik masih rendah.

Namun, tidak demikian halnya dengan generasi Z. Mereka ternyata lebih optimis untuk menjalani kembali aktivitasnya dibandingkan dengan generasi yang lebih senior seperti generasi milenial atau generasi X.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

Dalam survei yang dilakukan dengan metode random sampling terhadap 561 responden di Jakarta, terungkap bahwa gen Z paling pede untuk sering-sering berbelanja ke supermarket atau minimarket.

Tidak hanya itu, meski pasar tradisional memiliki level risiko penularan Covid-19 sangat tinggi, ternyata orang dari kelompok umur remaja dan dewasa muda merasa tidak takut untuk berbelanja di tempat ini. Masih menurut survei itu, frekuensi kegiatan kuliah ke kampus atau bekerja di kantor warga generasi Z juga akan mencapai 61 persen di masa normal baru.

Meski begitu, mereka lebih memilih menggunakan transportasi yang minim penumpang seperti taksi atau pun taksi online.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Makin Muda Makin Pede Beraktivitas di Era Normal Baru”, https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/13/204400420/makin-muda-makin-pede-beraktivitas-di-era-normal-baru.

Editor : Lusia Kus Anna