Pantai Kelingking di Bali Masuk List Pantai Terbaik di Dunia 2023

695
pantai-kelingking-bali

Pulau Dewata kembali membuat nama Indonesia harum di kancah Internasional. Bagaimana tidak? destinasi populer Pantai Kelingking menjadi salah satu persembahan alam terbaik masuk dalam  daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023 versi TripAdvisor.

Daftar ini diketahui merayakan bagian dari penghargaan Travelers Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor. Di dalam daftar tersebut, Pantai Kelingking masuk ke dalam peringkat 16 dari 25 besar. Tentu hasil yang diperoleh berdasarkan kualitas yang memang ada di sana, serta kuantitas dari review yang dirangkum dalam 12 bulan terakhir.

Sementara itu, di peringkat pertama dalam daftar Best Beaches in the World 2023 adalah Pantai Baia do Sancho di Brasil. Selanjutnya di peringkat kedua ada Eagle Beach di Aruba, disusul oleh Cable Beach di Australia di peringkat ketiga, Reynisfjara Beach di Islandia di peringkat keempat, dan Grace Bay Beach di Kepulauan Turks dan Caicos di peringkat kelima.

Dibatasi oleh tebing tinggi nan curam, perairan berwarna biru kehijau-hijauan dirangkul oleh pantai putih halus dengan panorama yang luar biasa. Rasanya seperti surga di dunia,” bunyi salah satu ulasan mengenai Pantai Kelingking dari laman resmi penghargaan tersebut, dikutip Rabu (15/3/2023).

Pesona Pantai Kelingking

Lokasi Pantai Kelingking berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (15/3/2023), nama Pantai Kelingking diberikan lantaran pintu masuknya berada di tebing dengan bukit memanjang dan menjorok ke arah laut, atau terlihat mirip kelingking.

Kelingking Cliff Point, tebing dengan ketinggian sekitar 200 meter menjadi salah satu daya tarik di pantai ini. Bentuk tebing yang memanjang dan menjorok ke laut ini menurut masyarakat setempat mirip jari kelingking.

Di sana, pengunjung dapat menyaksikan bentangan samudera biru dengan formasi tebing kapur yang unik. Sebelumnya, wisatawan hanya bisa mengagumi kawasan ini dari atas tebing. Namun, kini wisata sudah tersedia tangga untuk turun sampai ke area pantai.

Baca Juga:  Deretan Bunga Hitam Eksotis Yang Mampu Mempercantik Taman

Bila percaya diri dengan stamina fisik kuat, bisa menuruni ratusan anak tangga berpagar bambu yang terbilang curam dan bisa dibilang tidak cukup aman. Perjalanan turun ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar satu jam atau lebih, tergantung kecepatan Anda berjalan. Jangan lupa, setelah puas bermain di pantai, Anda harus kembali mendaki tangga yang sama untuk pulang.

Berkunjung ke Pantai Kelingking pada sore hari bisa jadi waktu yang tepat. Sebab, Anda bisa menyaksikan momen senja yang indah hingga waktu terbenamnya matahari.

Daftar 25 Pantai terindah di dunia

Berikut 25 pantai terbaik di dunia tahun 2023 versi TripAdvisor:

  1. Baia do Sancho, Fernando de Noronha, Brasil
  2. Pantai Eagle, Aruba, Karibia
  3. Cable Beach, Broome, Australia
  4. Pantai Reynisfjara, Vik, Islandia
  5. Pantai Grace Bay, Turks dan Caicos, Karibia
  6. Praia da Falesia, Olhos de Agua, Portugal
  7. Pantai Radhanagar, Pulau Havelock, India
  8. Spiaggia dei Conigli, Sisilia, Italia
  9. Pantai Varadero,Kuba, Karibia
  10. Ka’anapali Beach, Maui, Hawaii
  11. Pantai Siesta, Siesta Key, Florida, AS
  12. Driftwood Beach, Jekyll Island, Georgia, AS
  13. Pantai Manly, Sydney, Australia
  14. Seven Mile Beach , Seven Mile Beach, Grand Cayman
  15. Pantai La Concha, San Sebastian, Donostia, Spanyol
  16. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali, Indonesia
  17. Playa de Muro Beach, Playa de Muro, Spanyol
  18. Playa Manuel Antonio, Manuel Antonio, Kosta Rica
  19. Pantai Ipanema, Rio de Janeiro, Brasil
  20. Nungwi Beach, Nungwi, Tanzania
  21. Pantai Falassarna, Falassarna, Yunani
  22. Pantai Nissi, Ayia Napa, Cyprus
  23. Playa Norte, Isla Mujeres
  24. Magens Bay, Magens Bay, St. Thomas
  25. Balos Lagoon, Kissamos, Yunani