Musim Penghujan, Ini 7 Tips Yang Harus Dilakukan Untuk Lindungi Tubuh Dari Penyakit

126

Medan, Kovermagz – Belakangan ini, curah hujan semakin sering terjadi terutama jelang sore ke malam hari. Perubahan cuaca seperti ini, biasanya membuat banyak orang sering terkena sakit akibat peralihan cuaca yang tak menentu.

Dikutip dari Kompas.com, Dr Bradley Chipps dari American College of Allergy, Asthma & Immunology mengatakan, pergantian musim biasanya menyebabkan peradangan dihidung karena alergi musiman.

Saat musim seperti sekarang, ada baiknya kita lebih mawas diri dalam menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari sakit. Dikutip dari Kompas.com berikut ada 7 hal yang dapat dilakukan agar tubuh tetap fit saat musim penghujan, berikut penjelasannya:

1. Jaga tubuh tetap hangat

Saat harus bepergian, usahakan memakai baju berbahan tebal agar tubuh tetap hangat. Sebuah penelitian menunjukkan ketika tubuh kedinginan, terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu pada tubuh.

2. Konsumsi vit C

Kandugan vit C diambil dari buah-buahan seperti jeruk, tomat, pepaya, dan nanas. Jika kamu enggan mekonsumsi buah-buahah, konsumsi vit C dengan kadar yang cukup melalui multivitamin atau suplemen makanan. Selain bagus untuk memenuhi asupan harian tubuh, vit C dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

3. Mandi air hangat

Ketika kamu habis beraktifitas diluar, pastikan mandi dengan air hangat ketika hendak membersihkan tubuh. Selain membuat tubuh tetap hangat, mandi air hangat dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh.

4. Konsumsi air hangat

Air hangat lebih berasa nikmat ditenggorokan, dan mengkonsumsi air hangat pada musim penghujan dapat membuat tubuh lebih hangat. Kamu bisa coba teh hijau hangat, atau sup untuk memperhangat tubuhmu.

5. Jaga kebersihan dan kerapian lingkungan

Ruangan yang penuh kuman juga sangat rentan membawa penyakit. Bersihkan ruangan kamar hingga steril agar terhindar dari debu ruangan.

6. Cukupi asupan cairan

Walau cuaca cenderung dingin saat hujan, jangan lupa untuk terus konsumsi air putih yang banyak. Mencukupkan cairan pada tubuh akan membantu mengeluarkan racun pada tubuh.

7. Perhatikan asupan makanan

Menyeimbangkan nutrisi pada musim seperti sekarang juga adalah hal terpenting. Cukupi kebutuhan serat dengan makan sayur dan buah yang banyak.

Reporter: Jehan Erwita
Dokumentasi: Istimewa