Mulai Coba Workout Dari Sekarang Yukk..!

49

Medan, Kovermagz – Selain sehat secara fisik seperti mencegah nyeri punggung, melangsingkan tubuh secara alami, menekan risiko osteoporosis, serta mengendalikan diabetes, olahraga ternyata juga punya manfaat membuat kita sehat secara mental.

Untuk anda yang masih malas menggerakkan badan untuk olahraga, dapat dipastikan tubuh anda akan mudah mengalami mood yang buruk. ini dikarenakan olahraga dapat memperbaiki suasana hati, mengatasi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak.Jenis olahraga dibawah ini bisa kamu ikuti untuk memulai olahraga ringan sehari-hari:

1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga biasakan untuk memulainya dengan pemanasan. Hal ini dilakukan agar otot-otot badan menjadi lemas dan tidak kaku sehingga terhindar dari cedera pada saat gerakan inti. Anda bisa melalukan Neck Stretch, Tricep Stretch, Shoulder Stretch, Knee Circle, Hip Circle dan Toe Touches. Lakukan setiap gerakan masing masing dalam 8 hitungan.

2. Plank

Lakukan posisi yang sama seperti hendak melakukan push-up. Namun, letakkan siku dan telapak tangan Anda di lantai membentuk sudut 90 derajat. Anda bisa memilih mengepalkan tangan untuk memberikan lebih banyak tekanan. Biarkan posisi punggung lurus dengan menjadikan jari kaki sebagai tumpuan. Pertahankan posisi plank ini selama 30 detik hingga 1 menit. Istirahat dan ulangi kembali sebanyak 3 set.

3. Squat

Gerakan ini menjadi sangat digemari di rumah karena sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu berada pada posisi berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan. Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi. Kembalilah pada posisi awal, dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Melakukan gerakan ini memungkinkan otot-otot utama di tubuh bagian bawah bekerja.

4. Crunch

Gerakan ini berfokus pada otot perut Anda, membuat otot perut lebih terbentuk dan lemak di sekitar perut berkurang. Gerakan crunch ini mirip dengan sit up. Anda cukup berbaring dengan lutut yang tertekuk, lalu angkat tubuh bagian atas sekitar 45 derajat.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

5. Jumping Jack

Gerakan melompat dengan membuka tutup kaki dan tangan di atas kepala ini sangat efektif mengeluarkan keringat dengan cepat. Ulangi 20 kali sebanyak 3 set untuk memaksimalkan dalam pembakaran kalori

6. Push Up

Push-up adalah latihan untuk mengencangkan otot lengan, dada, trisep, dan bagian depan bahu. Carany, mulailah dengan posisi tengkurap di lantai dengan tangan sedikit lebih lebar namun segaris dengan bahu, dan jaga kaki agar selalu berdekatan. Angkat tubuh menggunakan lengan dan biarkan berat badan ditopang oleh tangan dan pangkal jari kaki. Tahan perut sekencang mungkin. Turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai, pastikan siku terselip di dekat batang tubuh.

7. Mountain Climber

Ambil posisi setengah tengkurap. Tahan badan Anda dengan kedua tangan Anda. Setelah itu, gerakkan kedua kaki seperti Anda sedang berjalan di suatu tanjakan. Lakukan ini selama 30 detik sebanyak 3 set.

8. Squat Jump

Bagi anda yang ingin memiliki bentuk badan yang ideal Squat Jumpa adalah pilihan yang tepat dikarenakan gerakan ini memaksa semua angggota tubuh bergerak dan bertumpu pada lengan, otot perut dan otot paha. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

9. Pendinginan

Pendinginan wajib dilakukan usai melakukan olah raga. Banyak sebagian orang melupakan hal ini. Padahal, gerakan pendinginan ini berguna untuk menormalkan kembali detak jantung anda secara perlahan sehingga anda dapat merasa lebih rileks dan segar sebelum beraktivitas kembali. Anda bisa melakukan gerakan rileks seperti Cobra Abnominal Strecth, dan juga Gluteal Stretch.

Olahraga tidak mengharuskan kita untuk datang ke pusat kebugaran.Gerakan diatas adalah sebagian kecil yang dapat anda lakukan di rumah ditengah kesibukan anda. MenurutĀ  U.S. Department of Health and Human ServicesĀ  merekomendasikan masing-masing orang wajib untuk melakukan olahraga setidaknya 150 menit per minggu atau 3-5 hari dalam seminggu selama 30 menit

Penulis: Annette Thresia Ginting