Menyambut Hari Ulos Nasional, Kain Ulos 500 Meter Terbentang Di Medan

170

Penulis: Ade Syaputra
Fotografer: Aldi

KovermagMemperingati hari ulos nasional yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2019, Yayasan Pusuk Buhit menggelar acara karnaval ulos di lapanganU merdeka Medan. Dimulai dari pawai ulos yang ditandai dengan berjalan kaki dari lapangan banteng Medan ke Lapangan Merdeka Medan. Selanjutnya pembentangan kain ulos sepanjang 500 meter mengelilingi areal lapangan Merdeka Medan. Acara yang sudah diracik sedemikian rupa sayangnya belum banyak diketahui oleh  masyarakat Sumatera utara, khusunya kota Medan.

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Dalam sambutannya ia memaparkan tentang pentingnya menjaga budaya. “Ulos adalah bagian dari budaya. Dan ini sangat penting karena menyangkut juga dengan kesetiaan terhadap budaya”.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

“Acara ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah karena telah menetapkan Hari Ulos Nasional setiap tanggal 17 Oktober sejak 2014. Saya berharap ulos  juga mendapat pengakuan secara internasional.” Kata Ketua Panitia Hari Ulos Nasional, Netty Silalahi.

Tonton Videonya:

Ketua Yayasan Pusuk Buhit, Effendy Naibaho menambahkan, acara ini digelar untuk menunjukkan betapa kayanya budaya yang ada di Sumatera Utara.  “Ini adalah kekayaan budaya kita. Ada ratusan jenis ulos yang berbeda corak, nilai dan fungsinya. Sebelum lahir, sampai meninggal, ulos selalu mengiringi kehidupan orang Batak” pungkasnya.