Menjadi Content Creator ? Mengapa Tidak !

101

Semakin berkembangnya zaman di ranah media sosial membuka kesempatan kepada anak-anak muda dalam mengembangkan bakatnya. Zaman era digital ini tidak dipungkiri semua orang sudah pasti memiliki akun media sosial baik untuk melakukan promosi, maupun hanya sekedar menambah pertemanan. Media Sosial pun juga menjadi tempat kawula muda berekpresi. Sembari menunjukkan bakat mereka, lahan ini pun bisa dijadika sebagai profesi yang layak. Sebut saja Content Creator. Mungkin sudah sering mendengar istilah ini dalam dunia digital, tapi tahukah kamu bagaimana memulai untuk menjadi content creator yang baik namun tidak terkesan asal-asalan ? Berikut tips dari kami untuk menjadi content creator :

1.Passion

Ikuti naluri passionmu ada dimana. Dengan mengikuti passion kamu, pasti karya kamu akan lebih maksimal dan lebih menginspirasi banyak orang. Misalkan kamu orang yang suka bermain game, travellingsport, dance, photography atau beauty.

2. Be Yourself

Ikuti apa kata hatimu. Apa yang kamu inginkan, buatlah karya seoriginal kamu. Sebisanya jangan mengikuti gaya/ide orang lain. Sah saja jika anda mencari referensi tapi ingat jadilah dirimu sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing oleh sebab itu tonjolkan dibagian mana kelebihanmu. Kamu bisa memulainya dari dirimu sendiri sebelum meng-eksplore kemana-mana

3. Up To Date

Kamu juga harus lebih kekinian kalau mau jadi content creator. Harus sering cari tahu deh perkembangan tren terbaru. Coba ikut membahas hal yang sedang hangat diperbincangkan. Jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang kamu buat nantinya tetap selalu baru serta mengikuti tren yang ada. Namun, semua itu juga harus sesuai dengan passion kamu dalam membuat konten. Konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele. Selain itu, konten tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa yang baik dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya.

4. Rajin Menulis

Cari ide-ide yang selalu baru lalu tuliskan dalam agendamu. Tulislah mulai dari topik,materi dan isi dari ide tersebut kemudian pelaksanaannya akan mengikuti kemudian. Mungkin, ada masanya seoang Content Creator tidak tahu apa yang harus ditulis, namun mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan ketika mulai menulis.Jadi, jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari.Usahakanlah untuk menulis artikel 1500 kata perharinya untuk terbiasa menulis dan menuangkan ide-idemu.

Baca Juga:  BALADA LAPTOP MERAH PUTIH "GAWEAN" PEMERINTAH INDONESIA

5. Keywords dan SEO

Tidak hanya bermodalkan memiliki kemampuan menulis, membuat konten video dan bahkan mungkin menjadi dubber. Seorang Content Creative juga dituntut mengerti hal terkait SEO. Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari.Ini akan membantumu untuk menjadi lebih dikenal dan tentunya kontenmu lebih bermanfaat. Dari sana kamu bisa mendapatkan pemasukan dari Google. Apalagi bila dilihat sekarang ini sistem SEO tidak hanya dipergunakan untuk situs, namun juga meliputi gambar dan video.

6. Audiens

Selain menjadi diri sendiri kamu juga tidak boleh melupakan audiens sebagai pembaca setiamu. Oleh sebab itu, cara menjadi content creator selanjutnya adalah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kamu geluti sedalam mungkin. Kamu mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.

Handwriting Consistency is The Key with marker on visual screen

7. Konsisten

Jika kontenmu saja yang unik dan menarik tetapi tidak konsisten sama aja bo’ong!? Salah satu yang membuat pengikutmu banyak ialah Konsistenanmu. Mereka akan menunggu-nunggu chanel atau akun tayang bahkan tidak sedikit diantara mereka mengingat dan mencatat jadwal tayangmu. Dengan adanya jadwal penayanganmu yang konsisten maka secara tak langsung kamu ‘dipaksa’ untuk membuat ide konten yang baru secara terus-menerus

Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan pekerjaan unik ini ? Tapi kamu harus ingat kamu harus siap untuk selalu memutar otak untuk mendapatkan ide-ide segar demi kontenmu terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Penulis : Annette Thresia Ginting