Mengenal Zoom Fatigue, Lelah Berlebih Setelah Zoom Meeting

132

Medan, Kovermagz – Saat ini siapa yang tidak kenal dengan zoom meeting. Dampak virus corona yang menyebabkan masyarakat sulit untuk beraktifitas ini akhirnya mengakibatkan banyak pekerjaan harus diselesaikan dari rumah. Daring atau zoom meeting pun menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Kegiatan meeting online ini memaksa kita untuk menatap layar handphone berjam-jam. Pada akhirnya, dampak dari menatap layar dengan durasi yang lama ini adalah letih pada mata, dan yang lebih parahnya adalah dapat menimbulkan kelelahan berlebih pada tubuh.

Penjelasan Zoom Fatigue

Fenomena Zoom Fatigue atau lebih dikenal dengan rasa lelah berlebih yang disebabkan setelah zoom meeting kini ramai diperbincangkan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pada kenyataannya saat kita berada pada sebuah meeting online, fokus kita akan terbagi-bagi. Mulai dari meeting sembari memeriksa email, mengecek koneksi internet yang tidak seterusnya stabil, menyimak pembicaraan serta gestur tubuh lawan bicara pada saat meeting, dan kegiatan-kegiatan inilah yang dapat menguras lebih banyak energi jika dibandingkan dengan mengadakan rapat secara langsung.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Dilansir dari Grid.id pada laman Tribunnews, sebuah study dari akademisi Jerman menunjukkan bahwa keterlambatan telepon atau sistem konferensi membentuk pandangan kita terhadap orang-orang secara negatif. Keterlambatan yang hanya 1,2 detik pun membuat orang memandang repsonden kurang ramah dan kurang fokus.

Selain dari faktor panggilan video, ada juga faktor lain yang mempengaruhi rasa lelah berlebih. Salah satunya, kondisi saat ini yang memaksa sebagian besar orang untuk tinggal dirumah juga turut berperan menambah keletihan.

Bagaimana cara mencegahnya?

Solusi yang dapat kamu lakukan untuk mencegah zoom fatigue antara lain adalah:

  1. Cobalah untuk membatasi intensitas meeting online dengan maximal dua/tiga kali saja dalam satu hari
  2. Beri jeda istirahat jika meeting online harus dilakukan dalam waktu yang lama,
  3. Perbanyak konsumsi cairan agar tetap fokus, walalupun aktifitas banyak yang dilakukan dengan menatap layar sambil duduk namun tubuhmu tetap memerlukan cairan yang cukup.
  4. Setelah meeting selesai pastikan untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan aktifitas kembali.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa