Catat, Selain Cantik 7 Tanaman Hias Ini Punya Kemampuan Serap Racun Dalam Ruangan

201

Medan, Kovermagz – Menanam mungkin adalah kegiatan yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Dinilai menyehatkan, menanam ternyata banyak menghasilkan manfaat positif lho. Dimasa seperti sekarang, kegiatan menanam dapat mengusir jenuh dan stress dalam tubuh.

Ketika pemilik tanaman melihat tanaman yang dirawatnya tumbuh dengan baik, hal ini pasti akan membuat pemilik tanaman lebih bahagia dan terhindar dari stress.

Dari berbagai manfaat menanam tersebut, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa tanaman hias yang mempunyai manfaat tak biasa yaitu sebagai filter udara atau penyerap racun? Kedengarannya mungkin aneh, tetapi berbagai jenis tanaman hias ini nyatanya dapat menyerap racun pada ruangan jika tumbuh dengan baik, berikut penjelasannya:

1. Lidah Mertua

Dibalik penampilannya yang menawan, lidah mertua ternyata menyimpan kehebatan yang luar biasa sebagai penyerap unsur polutan berbahaya yang terkandung dalam udara, seperti racun Formaldehida dari asap rokok dan masih banyak yang lainnya.

Lebih hebatnya lagi, lidah mertua juga mengandung bahan aktif Pregnane dan Glikosid yang mampu menyerap radiasi dari peralatan-peralatan elektronik di dalam ruangan.

2. Sri Rejeki

Tanaman aglaonema ini relatif gampang diingat karena punya nama yang khas Indonesia dan bentuk daunnya yang runcing cantik membuatnya sangat mudah untuk disukai. Penamaan Sri Rejeki sendiri sebenarnya berasal dari suku talas-talasan yakni tanaman penyerap racun yang berperan sebagai bala tentara yang menghadang polutan di rumah, termasuk asap rokok dan mikroorganisme.

3. Bunga Lili

Bunga lili khususnya jenis Peace Lily (Spathiphyllum Clevelandii) sangat efektif menyerap dan menetralisir senyawa Benzena yang ditemukan dalam asap rokok dan juga digunakan sebagai campuran bahan bakar kendaraan bermotor.

Pilih tanaman lili yang sudah dewasa kemudian tempatkan pot bunga di dalam ruangan seluas 9-10 meter persegi sebagai penawar racun dari asap rokok di rumah.

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

4. Pakis Boston

Meski namanya terkesan kebarat-baratan, tanaman yang satu ini banyak ditemukan di Indonesia. Pakis Boston memang aslinya berasal dari Amerika, Meksiko dan juga Afrika.

Dikenal juga dengan sebutan pakis pedang, tanaman ini memiliki stomata yang bisa berfungsi sebagai vacuum cleaner untuk menyedot berbagai kandungan racun dari asap rokok, termasuk diantaranya Xylene. Hebatnya, senyawa-senyawa racun yang telah terserap kemudian diubah menjadi zat yang bermanfaat dalam sistem metabolisme pakis Boston.

5. Anggrek Bulan

Bunga yang dihiasi anggrek bulan tidak hanya terlihat rupawan tapi juga memiliki udara yang bebas polusi. Bunga yang warna dan bentuknya sangat cantik ini tergolong dalam tanaman penyerap racun yang handal.
Disebutkan bahwa bunga anggrek mampu menyerap dan memfilter udara dari polusi Xylene yang berasal dari asap rokok serta car tembok. Wah luar biasa ya..

6. Palem Kuning

Palem kuning dengan nama latin Chrysalidocarpus Lutescens ini mudah dikenali dari daun dan juga batangnya yang biasanya berwarna kuning terutama jika terpapar sinar matahari.
Kelebihan palem kuning selain sebagai tanaman hias juga punya kemampuan untuk menyerap berbagai macam racun seperti Trikloroetin, Benzena, Karbon Monoksida, Formaldehida, Xylene, Amonia dan lainnya.

7. Gerbera

Menggunakan Gerbera sebagai penghias rumah ternyata ada manfaat lainnya, lho. Garbera termasuk tanaman penyerap racun asap rokok dan polutan lainnya hingga mencapai 90 persen. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air sehingga udara dalam ruangan lebih bersih dan segar.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa