Mengenal Prinsip Hidup Orang Jepang, Wajib Banget Ditiru

79

Medan, Kovermagz – Siapa yang tak kenal negeri Jepang? Negera dengan ciri khas bunga sakura ini dari dulu memang sudah terkenal dengan masyarakatnya yang sangat dinamis dan disiplin.

Selain itu, masyarakat Jepang juga terkenal mempunyai sifat pekerja keras. Lalu apa-apa saja sifat yang bisa kita tiru dari masyarakat Jepang agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih maju? Berikut penjelasannya:

1. Disiplin

Yang satu ini memang sudah menggambarkan budaya Jepang. Biasanya masyarakat Jepang sudah dibiasakan untuk dididik disiplin sedari kecil. Tentu hal ini akan selalu mereka bawa hingga dewasa. Contohnya saja, pekerja di Jepang sangat disiplin dalam mematuhi jam kerja, apabila mereka pulang sebelum waktu yang ditentukan maka mereka akan malu karena dinilai tidak patuh terhadap jam kerja. Beda banget ya sama di Indonesia..

2. Berdedikasi

Kamu sudah pernah dengar belum kalau ada berita mengenai pemerintah Jepang yang sengaja mundur dari jabatannya karena mengganggap dirinya tidak pantas mengisi jabatan tersebut? Ya, hal ini memang dirasa aneh, tapi beginilah budaya masyarakat Jepang. Mereka akan merasa kecewa dan malu jika mereka gagal dalam melaksanakan sesuatu. Bahkan pada zaman dahulu ada yanf namanya tradisi Harariki, yaitu tradisi merobek perut sendiri jika gagal dalam melaksakan tugasnya.

3. Menjunjung tinggi sopan santun

Negara bunga sakura satu ini juga terkenal dengan budaya sopan mereka yang tinggi. Bahkan di Jepang jika kamu ingin buang angin, kamu harus keluar terlebih dahulu atau mencari tempat sepi yang tidak diketahui orang lain. Jika kamu buang angin sembarangan mereka akan menganggap kamu tidak sopan dan memiliki etika yang buruk.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

4. Ulet dan Pekerja keras

Mungkin hal yang sangat lumrah jika kita melihat pegawai kantoran di Jepang yang tertidur dikereta/bus. Mereka memang mengerahkan seluruh tenaga mereka untuk bekerja. Bahkan jam kerja di Jepang bisa capai 2450 jam pertahun dan mengalahkan Amerika yang hanya 1957 jam pertahun.

5. Belajar dan terus belajar

Yang satu ini mungkin harus kita terapkan dikehidupan kita. Orang Jepang akan terus mempelajari satu hal yang ia tekuni dengan terus menerus. Mereka melakukan dengan tekun dan disiplin agar mereka dapat expert dibidangnya. Jadi jangan lupa untuk terus belajar ya..

6. Berpegang teguh pada tradisi dan budaya leluhur

Walau negara ini sangat modern, mereka tidak pernah lupa dengan yang namanya tradisi leluhur. Selain menghormati, masyarakat Jepang memang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya mereka. Bahkan mereka sangat bangga dengan budaya yang sudah ada dan ditanamkan dari kecil, hal ini justru yang membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Itu adalah sederetan budaya Jepang yang mungkin bisa kita tidur dan ambil sisi positifnya. Sudah siap untuk menjadi pribadi yang lebih baik?

Reporter: Jehan Erwita
Dokumentasi: Istimewa