Mengenal Legenda Pemain Sepak Bola Amerika dan Aktor O.J. Simpson Yang Tutup Usia di 76 Tahun

158

Kabar mengejutkan baru-baru ini datang menghampiri dunia sepak bola Amerika. Tepat pada 10 April 2024, bintang legenda American Football sekaligus aktor kenamaan Hollywood, O.J. Simpson dikabarkan telah meninggal dunia di usia 76 tahun.

Kepergian Simpson baru diumumkan keluarganya pada 11 April waktu Amerika Serikat atau Jumat (12/4/2024) dini hari WIB.

“Pada tanggal 10 April, ayah kami, Orenthal James Simpson, menyerah pada perjuangannya melawan kanker,” bunyi pernyataan keluarganya, yang diposting ke X, pada Kamis (11/4/2024).

Berdasarkan beberapa sumber, diketahui bahwa Simpson menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang menghadapi kanker. Dua bulan lalu, Simpson didiagnosis menderita kanker prostat. Ia kemudian telah menerima perawatan kemoterapi usai divonis terkena kanker.

Mengenal O.J. Simpson

O.J. Simpson adalah salah satu pemain football Amerika terbaik di NFL. Namun, ia juga dikenal sebagai sosok kontroversial lantaran berhasil lolos dari kasus pembunuhan istrinya, Nicole Brown Simpson dan temannya Ron Goldman. Simpson pertama kali mendapatkan ketenaran sebagai gelandang All-American dua kali untuk USC Trojans, mencetak rekor NCAA dan memenangkan Piala Heisman pada tahun 1968.

Tahun berikutnya, Simpson bergabung dengan tim pro Buffalo Bills tetapi tidak unggul sampai pelanggarannya disesuaikan untuk menunjukkan kemampuannya. Mendapat julukan sebagai “The Juice,” Simpson mencapai puncak lari 1.000 yard selama lima tahun berturut-turut, mulai dari 1972 hingga 1976, dan memimpin NFL dalam kategori itu empat kali. 

Pada tahun 1973, ia menjadi pemain NFL pertama yang berlari lebih dari 2.000 yard dalam satu musim. Pelari belakang juga membuat rekor liga (sejak dipecahkan) dengan 23 golnya pada tahun 1975 dan 273 yard berlari melawan Detroit Lions pada Hari Thanksgiving 1976.

Dia bermain untuk Bills selama satu musim lagi sebelum diperdagangkan ke San Francisco 49ers. Simpson menutup karir sepak bolanya setelah bermain pada musim 1978 dan 1979 bersama tim kampung halamannya. Pada tahun 1983 dan 1985, Simpson dilantik ke dalam Hall of Fame Sepak Bola Perguruan Tinggi dan Hall of Fame Sepak Bola Pro.

Akting dan Komentar TV

Setelah pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 1979, Simpson beralih ke karir yang menguntungkan sebagai penyiar olahraga dan aktor. Dia telah mencoba-coba akting saat masih menjadi atlet aktif, terutama berperan sebagai pria yang dijebak karena pembunuhan oleh polisi dalam film The Klansman tahun 1974 .

Simpson kemudian muncul di The Naked Gun (1988) dan sekuelnya, berperan sebagai asisten detektif bodoh bersama aktor Leslie Nielsen dan Priscilla Presley . Mantan atlet ini secara rutin muncul dalam iklan TV untuk perusahaan persewaan mobil Hertz, di mana ia terlihat melompati bagasi dan rintangan lain dalam upaya mengejar penerbangan. Selain itu, dia bekerja sebagai komentator untuk Monday Night Football dan NFL di NBC.

Kehidupan Pernikahan

Simpson menikah dua kali dan memiliki lima anak, empat di antaranya masih hidup. Simpson menikah dengan Marguerite L. Whitley pada 24 Juni 1967. Mereka memiliki tiga anak bersama: Arnelle, Jason, dan Aaren. Putri mereka Aaren, yang lahir pada tahun 1977, meninggal sebulan sebelum ulang tahunnya yang kedua ketika dia tenggelam di kolam renang keluarga. Simpson dan Marguerite bercerai pada tahun 1979.

Saat masih menikah dengan istri pertamanya, Simpson bertemu dengan pelayan berusia 18 tahun Nicole Brown . Perbedaan usia mereka yang hampir 12 tahun tidak menyurutkan hubungan mereka. Setelah beberapa tahun berpacaran dan hidup bersama, Simpson dan Brown menikah pada bulan Februari 1985. Dia mengambil nama Nicole Brown Simpson setelah pernikahan mereka, dan pasangan itu memiliki dua anak bersama, Sydney dan Justin.

Brown Simpson mengeluh tentang pernikahannya dengan teman dan anggota keluarga, memberi tahu mereka bahwa Simpson melakukan kekerasan fisik. Polisi juga dipanggil ke rumah mereka di Los Angeles beberapa kali. Itu termasuk setelah pertengkaran antara keduanya pada Malam Tahun Baru tahun 1989. Brown Simpson mengalami bibir pecah dan memar, termasuk mata hitam, dan mengatakan suaminya mengancam akan membunuhnya.

Mantan bintang sepak bola itu kemudian tidak mengajukan tuntutan terhadap pasangannya, menerima 120 jam pelayanan masyarakat, denda $200, dan dua tahun masa percobaan. Dia juga dijatuhi hukuman menyumbangkan $500 untuk tempat penampungan kekerasan dalam rumah tangga bagi perempuan. Simpson menepis insiden tersebut dalam sebuah wawancara dengan ESPN, dengan mengatakan, “Kami bertengkar. Kami berdua bersalah. Tidak ada yang terluka. Itu bukan masalah besar, dan kami melanjutkan hidup kami.”

Namun, kehidupan bersama mereka tidak bertahan lama. Brown Simpson mengajukan gugatan cerai pada tahun 1992. Penyelesaiannya, yang memberinya tunjangan anak lebih dari $430.000 dan $10.000 per bulan, diselesaikan pada bulan Oktober itu.

Kasus Pembunuhan dan Pencurian

Pada pagi hari tanggal 13 Juni 1994, mantan istri Simpson Nicole Brown Simpson dan temannya Ron Goldman ditemukan tewas ditikam di luar kondominiumnya di kawasan Brentwood, Los Angeles. Pihak berwenang memutuskan mereka telah dibunuh pada malam sebelumnya. Setelah menanyai mantan pemain NFL itu, bukti membuat polisi mencurigai Simpson sebagai pelaku pembunuhan tersebut.

Namun tuduhan itu terbantah karena ditemukan salah satu petugas polisi yang menangani kasus ini memiliki sejarah rasisme. Akibatnya, ia dibebaskan setelah 11 bulan usai juri mengembalikan vonis tidak bersalah, seperti diberitakan standard.co.uk.

Pencurian O.J. Simpson di Las Vegas

Setelah menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan Nicole dan Ron, pada September 2007, OJ Simpson memimpin sekelompok pria ke hotel dan kasino di Las Vegas. Kelompok ini mencuri apa yang diklaim sebagai memorabilia olahraganya dengan membawa senjata.

Tindakan pencurian itu membuat OJ Simpson didakwa dengan sejumlah tuduhan kejahatan, termasuk penculikan dan perampokan bersenjata. Satu tahun kemudian, ia dinyatakan bersalah dalam perampokan yang gagal dan dijatuhi hukuman hingga 33 tahun penjara.

Namun, ia berusaha untuk mendapatkan keringanan hukum. Pada 2013, ia mengajukan tawaran persidangan baru, tetapi ditolak pihak pengadilan. Meskipun ditolak, tetapi ia mendapatkan pembebasan bersyarat pada tahun yang sama karena berperilaku baik.

OJ tidak langsung mendapatkan pembebasan bersyarat karena hukumannya ditetapkan berjalan secara berturut-turut. Ia harus menunggu sampai 2017 untuk muncul lagi di hadapan dewan pengadilan pembebasan bersyarat. Akhirnya, pada Juli 2017, OJ Simpson diberikan pembebasan bersyarat dengan tanggal rilis pada 1 Oktober 2017. Ia dibebaskan keluar dari Institut Pemasyarakatan Lovelock, Nevada ketika 70 tahun.

Baca Juga:  Rekomendasi Notes Parfum yang Cocok untuk Cuaca Panas