MENGENAL LEBIH DEKAT TOURISM MALAYSIA MEDAN

113

 

Medan, Kover Magz – Tourism Malaysia atau Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB) adalah badan resmi di bawah Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia. Sebelumnya, Tourism Malaysia  dikenal sebagai “Tourist Development Corporation of Malaysia (TDC)”, didirikan pada 10 Agustus 1972. Saat itu di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri.Dengan dibentuknya Kementerian Kebudayaan, Seni dan Pariwisata pada tanggal 20 Mei 1987, TDC dipindahkan ke kementerian baru ini; dan menjadi Badan Promosi Pariwisata Malaysia (MTPB) melalui Undang-Undang Badan Promosi Pariwisata Malaysia 1992. Saat ini MTPB populer atau lebih dikenal dengan nama Tourism Malaysia, yang fokusnya adalah mempromosikan Malaysia secara domestik dan internasional. Saat ini, Tourism Malaysia memiliki 34 kantor di luar negeri dan 11 kantor perwakilan pemasaran.

Untuk pasaran Indonesia, Tourism Malaysia berpusat di Jakarta dan Medan. Tourism Malaysia Jakarta memiliki tugas mempromosikan pariwisata Malaysia untuk wilayah di pulau-pulau se-Indonesia seperti Jakarta, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Sedangkan Tourism Malaysia Medan, mempromosikan pariwisata Malaysia di wilayah Pulau Sumatera, atau 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Secara umum, visi dan misi Tourism Malaysia adalah memasarkan Malaysia sebagai destinasi wisata unggulan dan menjadikan industri pariwisata sebagai kontributor utama pembangunan sosial ekonomi bangsa.

Tourism Malaysia Medan berdiri pada 1 Agustus 2001 di Konsulat Jenderal Malaysia Medan. Secara menyeluruh, Konsulat Jenderal Malaysia Medan sendiri memiliki 6 badan resmi, yaitu Wisma Putra, Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), Polis Diraja Malaysia (PDRM), Imigrasi, dan Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE), dan Tourism Malaysia, yang dinaungi oleh seorang Konsul Jenderal, Aiyub Omar.

 

Sejak awal diresmikannya, Tourism Malaysia Medan telah memiliki 6 Direkturyang disebut Konsul Pelancongan dan 5 Wakil Direktur, disebut Konsul Muda Pelancongan. Saat ini Tourism Malaysia Medan dipimpin oleh Hishamuddin Mustafa, yang menjabat sebagai Direktur Tourism Malaysia Medan ataupun Konsul Pelancongan Malaysia di Medan, sejak 1 Oktober 2019, untuk periode masa jabatan 2019-2022. Tourism Malaysia Medan memiliki 4 orang staf lokal yang bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pariwisata di Malaysia.

  1. HISHAMUDDIN MUSTAFA

    DIREKTUR / KONSUL PELANCONGAN

2. TW HARSONO PANE

    MARKETING MANAGER

3. NATASYA ANDRIANI

    MARKETING EXECUTIVE

4.  ANIKA MAYASARI

     ADMIN KEUANGAN

5.  EDDY SYAHPUTRA

     DRIVER / PEMANDU

Secara garis besar, tugas Tourism Malaysia Medan adalah sebagai berikut :

  • Mempromosikan Malaysia sebagai tujuan wisata yang luar biasa kepada seluruh warga Indonesia di Pulau Sumatera.
  • Mempromosikan keajaiban, atraksi, dan budaya unik Malaysia kepada seluruh warga Indonesia di Pulau Sumatera.
  • Meningkatkan destinasi Malaysia untuk pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE).
  • Meningkatkan pendapatan sektor pariwisata Malaysia dengan meningkatkan jumlah wisatawan dari Sumatera ke Malaysia dan memperpanjang masa tinggal mereka.
  • Mendorong pariwisata dan industri terkait di Malaysia.
  • Membantu mengembangkan pariwisata domestik dan internasional, serta mempromosikan investasi baru di negara tersebut dan memberikan peningkatan kesempatan kerja. Pertumbuhan pariwisata juga akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan kualitas hidup negara.
Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Perlahan bangkit di tengah kesulitan pariwisata yang melanda, Malaysia fokus pulihkan pariwisata domestik sebelum border dibuka untuk wisatawan mancanegara (internasional), dengan menerapkan SOP kesehatan yang sangat ketat. Dalam rangka menjaring wisatawan domestik, Malaysia memiliki gerakan bertajuk Cuti-cuti Malaysia dan mengintensifkan promosinya melalui media sosial. Saat ini yang dibenarkan untuk wisatawan asing masuk ke Malaysia adalah untuk tujuan berobat, dengan persyaratan-persyaratan khusus (SOP/prosedur berobat sudah pernah dikemukakan pada artikel sebelumnya).

Pada sesi ramah tamah bersama media yang bertajuk “1 Jam Bersama Tourism Malaysia Medan – Mengenal Lebih Dekat Tourism Malaysia” yang diadakan di Kantor Konsulat Jenderal Malaysia Medan pada 28 Januari 2021 tersebut, Hishamuddin juga mengatakan ia dan timnya telah menyiapkan program-program promosi tahun 2021 jika border dibuka, antara lain Seminaroffline dan online bersama para pelaku industri pariwisata Malaysia, Gowes 2 Negara, Photos& Video Contest #Rindu Malaysia, Malaysia Truly Asia Virtual Hunt 2021, dan program-program bertajuk “Ke Malaysia Lagi Yuk!”.

Dalam menyambut tahun 2021 acara tersebut juga diisi dengan sesi pemotongan tumpeng sebagai ucapan syukur karena kantor Tourism Malaysia Medan selesai direnovasi.

“Kita renovasi kecil-kecilan, mengganti perabot yang lama dengan yang baru, wallpaper semua kita ganti, supaya karyawan juga lebih semangat kerjanya karena semuanya baru”, ujar Hishamuddin. Acara tersebut juga didahului dengan doa bersama memohon agar wabah Covid-19 segera berakhir dan memohon keselamatan warga Konsulat Malaysia di Medan, dan seluruh rakyat Indonesia dan Malaysia.

Di akhir sesi temu ramah bersama media, Aiyub Omar mengapresiasi kerja-kerja Tourism Malaysia Medan selama ini dalam mempromosikan destinasi Malaysia di Pulau Sumatera. Dirinya memberikan dukungan penuh terhadap program-program promosi yang dijalankan oleh Tourism Malaysia Medan.

Untuk warga Indonesia yang memerlukan informasi mengenai regulasi baru masuk ke Malaysia selama masa PKPP ini dapat menelusurinya di laman web https://mtp.imi.gov.my/myTravelPass/main ataupun menghubungi Kantor Tourism Malaysia di Jalan Diponegoro No.43 dengan nomor telpon 0614523192.

Siaran Pers