8 Kesalahan Umum Menggunakan Masker Ini Dapat Membuat Penggunaan Masker Sia-sia

348

Penggunaan masker, kini sudah seperti kebutuhan bagi setiap orang. Menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan dinilai dapat membuat kita terhindar dari ancaman virus-virus, salah satunya virus corona yang sampai saat ini masih belum juga reda.

Namun tahukan anda bahwa terkadang ada hal-hal yang tidak sengaja kita lakukan dapat membuat penggunaan nyaris tidak ada manfaatnya. Padahal tujuan utama dari alat pelindung ini adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai virus yang ingin masuk melalui saluran pernafasan.

Dilansir dari detikhealth.com terdapat 8 kesalahan saat menggunakan masker, diantaranya adalah:

  1. Hanya menutupi lubang hidung

Ketika kamu menggunakan masker, gunakanlah masker untuk melindungi keseluruhan wajah bagian hidung sampai dagu. Jangan turunkan masker untuk hanya menutupi lubang dan pastikan permukaan atas dan bawah tertutup dengan rapat.

  1. Menggunakan masker terlalu longgar

Sesuaikan masker dengan ukuran wajahmu adalah hal tepat yang dapat dilakukan. Semakin longgar masker maka semakin berpotensi airbone yang masuk ke dalam hidung dan mulut.

  1. Menggunakan masker di bawah dagu

Mungkin ini adalah hal yang paling sering kita lakukan. Kita tidak pernah mengetahui ada virus apa yang menempel di bagian dagu, dan ketika masker diturunkan ke dagu lalu kemudian dinaikkan kembali ke bagian mulut dan hidung, itu sama aja dengan memindahkan bakteri yang ada dibagian leher ke area pernapasanmu. Maka berhati-hatilah dalam menurunkan masker.

  1. Kain masker yang memiliki banyak lubang

Disarankan untuk cari jenis kain masker yang tidak terlalu banyak lubang dan terdapat beberapa lapisan di dalam kain. Terdapat jenis masker tipis dan memiliki banyak rongga seperti jaring kecil. Dan jika masker mu berjenis seperti itu, maka dipastikan kurang ampuh menangkal virus.

  1. Menggunakan masker medis secara terbalik
Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

Pada masker medis terdapat satu kawat di bagian atas masker, dan ketika kamu menggunakannya jangan sampai kawat tersebut terbalik atau salah di gunakan. Kawat tersebut berfungsi untuk menahan masker agar selalu menempel dengan hidung.

  1. Menukar bagian luar dan dalam masker

Masker memiliki dua sisi yaitu bagian luar dan dalam. Jika kamu menggunakannya tanpa memperhatikan bagian sisinya itu akan membuat kegunaan masker menjadi tidak efektif. Bagian luar virus memang di desain khusus untuk menangkal agar virus-virus yang terbawa oleh udara tidak masuk, sedangkan jika kamu membaliknya maka hal tersebut tidak akan terjadi.

  1. Sering menyentuh masker

Jangan sering menyentuh masker bagian luar terlalu sering karena virus maskermu akan berpindah denga mudah ke tangan, apalagi setelahnya kamu dengan refleks menyentuh wajah otomatis virus akan berpindah ke wajahmu.

  1. Menggunakan masker basah atau kotor

Gunakanlah masker yang sudah dibersihkan dan sudah dalam keadaaan kering. Setelah digunakan langsung bersihkan dan keringkan hingga benar-benar kering. Selain tidak nyaman digunakan, masker basah dan kotor sangat tidak di sarankan untuk digunakan kembali.

Itulah 8 jenis kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker. Selalu gunakan masker dengan benar dan agar masker yang kamu gunakan dalam  berfungsi dengan semestinya.

Penulis: Jehan Erwita

Fotograger: Berbagai Sumber