Lakukan 6 Tips Ini Agar Interview Kerja Via Daring Berjalan Lancar

23

Medan, Kovermagz – Di keadaan yang seperti sekarang, bukan hal yang tidak mungkin untuk kamu interview pekerjaan. Memang, pandemi covid-19 ini membuat banyak hal berubah. Segala aktifitas pekerjaan kebanyakan dilakukan via online atau daring. Tak terkecuali proses rekrutmen pekerjaan yang satu ini.

Mungkin pengalaman ini menjadi sesuatu yang baru bagi kamu. Tapi jangan jadikan interview daring ini menjadi hal menakutkan dan mencemaskan yaa.. Semuanya dapat diatasi jika kita mempersiapkan dan juga berlatih dengan baik.

Lalu apa saja hal yang bisa dipersiapkan saat hendak interview daring? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Pastikan koneksi jaringan bagus

Ini adalah hal yang paling penting. Pastikan jaringan dirumahmu bagus dan kencang. Untuk amannya, kamu bisa cari wifi dengan sinyal yang bagus.

Akan menjadi penilaian yang sangat kurang jika proses tanya jawabmu menjadi terputus-putus akibat koneksi yang jelek.

2. Uji coba aplikasi

Sebelum hari wawancara, pastikan kamu sudah mengetahui berbagai cara dan fitur aplikasi yang digunakan. Contohnya seperti skype, google meet, zoom, jangan lupa diuji coba dulu yaa..

3. Berpakaian rapih

Meskipun tidak bertemu secara langsung, interviewer juga sangat memperhatikan penampilanmu lho.. usahakan berpakain yang rapih dari atas hingga bawah.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

Pastikan pakaianmu rapih dan formal, sesuaikan juga dengan budaya perusahaan yang kamu ketahui.

4. Perbanyak latihan

Sebelum interview, pastikan kamu sudah belajar dan latihan untuk wawancara. Berlatih beberapa kali dengan berbicara ke arah kamera akan sangat membantumu menjadi lebih rileks saat wawancara nanti. Pastikan juga untuk jaga kontak mata antara interviewer agar menjalin cemistri yang baik.

5. Siapkan alat tulis

Siapkan beberapa lembar kertas dan alat tulis jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan terlau banyak mencatat dari handphone hal ini terkesan kurang sopan.

6. Cari background yang rapih serta pencahayaan yang cukup

Background yang rapih dan cahaya yang cukup juga sangat membantu wawancaramu terkesan bagus. Jika melalukan wawancara dirumah, pastikan background belakangmu rapih dan tidak ada tumpukan barang yang berserakan.

Kamu juga bisa tambahkan sedikit lampu LED sebagai penerang agar pencahayaannya lebih mendukung.

Tips-tips diatas mungkin bisa menjadi referensi saat hendak interview kerja via daring. Lakukan dengan nyaman, hindari kesan gugup, serta jangan lupa berdoa..

Reporter: Jehan Erwita
Dokumentasi: Istimewa