Lagi Liburan? Ingat Jaga Kesehatan agar Tetap Bugar, Begini Tipsnya…

117

Liburan sudah tiba. Kamu pasti sedang menikmati masa liburan panjang. Namun, agar kamu bisa menikmati liburan dengan maksimal, Anda harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh.

Pentingkan Kebersihan Tangan

Cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Ingat, cucilah tangan khususnya sebelum makan dan setelah beraktivitas untuk mencegah transmisi kuman. Jangan menganggap remeh kebiasaan mencuci tangan, tindakan sederhana ini bisa membantu mencegah risiko tertular penyakit atau terkena iritasi. Bawalah juga tisu basah atau hand sanitizer ke mana pun kamu pergi untuk membersihkan tangan dengan mudah.

Jaga Hidrasi Tubuh

Apakah kamu jarang membawa botol air dalam tas saat bepergian? Membawa botol air sendiri memang sangat berguna untuk menjaga hidrasi tubuh, apalagi saat berlibur. Selain hemat dan mengurangi sampah plastik, konsumsi air yang cukup juga bisa memberikan energi, mencegah sakit kepala, dan mengurangi risiko konstipasi.

Hindari Makan Berlebihan

Banyak orang Jepang mengikuti konsep diet yang bijaksana, yaitu “hara hachi bu”. Artinya, makanlah hingga kamu 80% kenyang saja. Saat berlibur, ingat untuk menjaga porsi dan tidak makan berlebihan setiap kali kamu berhadapan dengan meja buffet. Pilihlah hidangan yang berkualitas dan bernutrisi agar kamu memiliki energi untuk menjalankan hari. Perhatikan juga pilihan makananmu, hingga menyantap makanan mentah seperti salad atau seafood cukup berisiko jika tempat makan tersebut tidak menjaga kebersihannya.

Ingin mempertahankan perut rata? Hindari minuman bergula dan konsumsi alkohol berlebihan, namun apakah kamu perlu clubbing dan mengalami hangover selama tiga hari.

Lindungi Kulit

Sebelum meninggalkan tempat penginapan setiap pagi, tanyakan pada diri sendiri: “Apakah saya sudah mengaplikasikan sunscreen?” Jika belum, hentikan aktivitas kamu dan gunakan itu terlebih dahulu. Inilah langkah terpenting untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh saat berlibur. Jika kamu sedang mengunjungi tempat tropis dengan populasi serangga yang tinggi, bawalah losion atau spray anti-serangga untuk menghindari gigitan yang menyebalkan.

Perbanyak Konsumsi Vitamin dan Buah

Sistem imun yang kuat sangat dibutuhkan agar kamu tidak jatuh sakit saat berlibur, dan salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menambah konsumsi vitamin. Saat sarapan, makanlah buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi dan buah naga. Selain itu, kamu juga bisa membawa suplemen dan probiotik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.