KULINARA, KOLABORASI SASA DAN DIDIET MAULANA UNTUK APRESIASI TENAGA KESEHATAN

16

Inti Sasa (Sasa) berkolaborasi dengan desainer kondang, Didiet Maulana menghadirkan masker kain yang bisa digunakan sebagai pelapis masker medis dengan nama KULINARA. 

Kulinara sendiri merupakan singkatan dari kuliner nusantara yang mana menurut Didiet dibuat sebagai pengingat bahwa di masa pandemi seperti ini, makanan hadir sebagai pelengkap, penyemangat dan hadir sebagai kebahagiaan bagi setiap orang. Seperti kuliner nusantara yang beragam, Kulinara hadir dengan berbagai warna, motif dan cerita, namun tetap dengan satu tema yang sama, yaitu kehangatan dan kebahagiaan. 

“Kolaborasi dengan Sasa ini bisa tercipta karena kami berdua menjalani visi yang sama yakni sama-sama berkreasi untuk rasa. Sasa berkreasi menciptakan rasa masakan dan membawa kekuatan citarasa lokal. Demikian pula saya yang memiliki visi untuk menciptakan desain bercorak Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga akan negeri ini”, ungkap Didiet.

Proses pembuatan masker Kulinara ini juga terhitung cepat. Didiet, selaku founder IKAT Indonesia, menjelaskan bahwa proses pengerjaan project kolaborasi ini dimulai dengan brainstorming desain dengan tim Sasa, yang kemudian dilanjutkan dengan proses produksi. 

Didiet juga menambahkan “Ketika kita bicara masker, Kulinara bukan masker medis, namun ini tetap bisa mendukung para nakes dalam keseharian mereka. Saat mereka di jalan atau di luar area ruang kesehatan. Jadi hal ini harus bisa menjadi sesuatu yang dibanggakan, secara desain harus unik dan berbeda dari biasanya,” ucapnya. 

Sebagai desainer yang malang melintang di dunia fesyen tanah air dan internasional, Didiet menyebutkan tantangan yang dihadapinya dalam kolaborasi ini hadir pada saat mendesain, karena desainnya kali ini hadir di masa pandemi, sehingga banyak aspek yang harus diperhatikan. Namun terlepas dari kendala yang dihadapi, Didiet sangat bangga dan bahagia bisa terlibat dalam project kolaborasi ini. 

Fenny Kusnaidy selaku Marketing Director PT. Inti Sasa juga menyebutkan bahwa Kulinara adalah bentuk persembahan bagi para tenaga kesehatan; dokter, perawat, bidan, petugas rumah sakit dan juga para relawan yang terlibat dalam menangani pandemi ini. 

“Kami mempersembahkan Kulinara sebagai salah bentuk apresiasi kami pada para nakes – dokter, perawat, bidan, petugas rumah sakit, serta relawan. Harapan kami, selain, KULINARA dapat menjadi bagian dalam pelaksanaan prokes dimana salah satunya adalah memakai Masker, Kulinara  juga diharapkan bisa menyemangati para tenaga medis dan relawan tersebut, sehingga mereka terus optimis bahwa perjuangan mereka akan menyelamatkan banyak orang.” jelasnya.

Baca Juga:  Bukan Hanya ERIGO, Brand-Brand Indonesia Ini Berhasil Tembus Pasar Internasional!