KONJEN MALAYSIA DAN MALAYSIA AIRLINES MEDAN MENGEMBALIKAN 160 WARGA MALAYSIA DI SUMATERA

11

Hari ini 2 April 2020, 160 orang warga Malaysia yang sebahagian besar adalah mahasiswa dari pulau Sumatera, dari Aceh sampai Lampung, termasuk Riau,  berhasil diantar pulang ke Malaysia dari Kuala Namu dengan pesawat Malaysia Airlines MH865 pada Pukul 15.45Wib dan diperkirakan akan tiba pada pukul 5.50 sore waktu Malaysia.

Sebelumnya, sejak Malaysia melakukan lockdown pada tanggal 18 Maret 2020, ribuan TKI telah diberangkatkan dari Malaysia ke Indonesia melalui beberapa pelabuhan di Kepulauan Riau. Kemenlu mencatat selama durasi 18-31 Maret 2020 ada 34.696 Warga Negara Indonesia yang telah pulang dari Malaysia ke Indonesia, yang kebanyakannya adalah pemilik visa bebas harian. 

Memang di tengah semakin banyaknya orang yang terjangkit COVID-19 di Indonesia, seiring dengan penerapan lockdown di negara Malaysia untuk mengurangi penyebaran wabah yang mematikan itu, beberapa maskapai  mengurangi frekuensi penerbangan antara Malaysia dan Indonesia. Akibatnya, warga Malaysia yang tinggal di Indonesia dan ingin pulang ke negaranya menghadapi kesulitan.

Konsul Jeneral Malaysia di Medan En. Aiyub Omar bersama Malaysia Airlines Medan dan Persatuan Pelajar Malaysia di Indonesia, Medan (PKPMI Medan) bekerjasama dalam upaya untuk menghantar pulang warga Malaysia yang ingin kembali ke Malaysia akibat pandemi Covid-19. Warga Malaysia yang dipulangkan hari ini adalah sebanyak 14 orang pekerja di Sumatera Utara, dan sebanyak 144 orang pelajar Malaysia yang ada di Sumatera. 

Konsul Jeneral Malaysia En. Aiyub, didampingi oleh Konsul Imigresen, Polis Diraja Malaysia, Konsul Pelancongan, Tentara Udara Diraja Malaysia, dan Tentara Laut Diraja Malaysia, mengucapkan terima kasih kepada Malaysia Airlines dan staff Konsulat Jeneral Malaysia Medan yang telah berupaya keras untuk menghantar pulang warga Malaysia yang ingin kembali ke Malaysia setelah pemerintah Malaysia mengumumkan Lockdown pada tanggal 18 Mac 2020. Seluruh pihak berharap wabah covid-19 ini akan segera berakhir, untuk memulihkan kembali dunia usaha dan wisata dua arah antara Malaysia – Indonesia.

Penulis: Elsa Malona

Fotografer: Dok. Pribadi

Baca Juga:  3 Tempat Wisata di Sumut Ini Ditutup Karena Corona