Avros Park, Wahana Education & Fun Akhir Pekan

325

Medan ternyata masih memiliki tempat asri dan sejuk yang dapat dinikmati untuk mengistirahatkan diri dari berbagai kesibukan. Berada di tengah kota, tempat ini layak dikunjungi karena banyaknya pepohonan hijau, bunga-bunga serta rerumputan menambah kesejukan mata.

Avros Park yang beralamat di Jalan Avros, Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun merupakan tempat wisata yang dahulu dikenal sebagai Taman Edukasi Avros, kini berubah menjadi Avros Park (Education and Fun) di akhir tahun 2017.

Berangkat dari sebuah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan, khususnya kebersihan Sungai Deli bernama Yayasan Go River Indonesia. Mereka diberikan kepercayaan untuk mengembangkan lahan yang ada agar dapat dijadikan salah satu lokasi edukasi yang bermanfaat. Avros Park ini juga bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Kota Medan.

Seperti namanya, Avros Park Education and Fun, berbagai wahana edukatif hadir di sini. Mulai dari edukasi untuk membuat handycraft, menyebar bibit ikan dan menanam pohon. Salah satu wahana edukatif yang hanya ada di Avros Park adalah Susur Sungai Deli dengan menggunakan kapal boat.

Adanya wahana Susur Sungai Deli di Avros Park mampu mengubah paradigma negatif tentang Sungai Deli. Pengunjung akan diberikan pemahaman mulai dari nilai historis Sungai Deli dan bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan khususnya sungai.

Wahana ini sayangnya tidak sembarangan waktu bisa dipakai, karena harus melihat debit air sungai terlebih dahulu. Jika musim kemarau biasanya debit air rendah dan kapal boat tidak dapat beroperasi dengan maksimal. Untuk dapat menyusuri Sungai Deli ini, pengunjung cukup membayar Rp20.000,00- saja.

Bogie Car Tour juga bisa Anda coba. Hanya dengan Rp10.000,00- pengunjung diajak berkeliling menikmati keindahan Avros Park yang luasnya mencapai dua hektar.

Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, Avros Park menghadirkan Flying Fox. Wahana ini dibanderol dengan harga Rp25.000,00- per orang.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Di area lainnya, ada juga wahana panahan dengan harga Rp10.000,00- untuk enam anak panah. Uniknya, para pengunjung juga dapat melihat penangkaran hewan rusa yang sengaja dibebaskan agar lebih dekat dengan pengunjung. Namun tak perlu khawatir, rusa-rusa di sini tidak membahayakan.

Avros Park juga memberikan areal kamping atau camping ground dengan konsep semi hotel. Pengunjung yang ingin bermalam di sini bisa melakukan check-in terlebih dahulu. Bila check-in pukul 12.00 WIB, maka pengunjung bisa melakukan check-out pada pukul yang sama keesokan harinya. Adapun fasilitas yang diberikan seperti kasur, bantal, air mineral dan sarapan pagi. Selain itu, pengunjung juga akan diberikan satu set perlengkapan mandi kecuali handuk.

Avros Park juga menyediakan jasa bagi pengunjung yang ingin membuat berbagai kegiatan seperti family ghatering, outing corporate, garden party, reuni, arisan, ulang tahun, pesta pernikahan, pengajian, outbond, juga meeting skala kecil dan besar dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya menyuguhkan wahana-wahana saja, Avros Park juga menghadirkan tempat kuliner dengan spot-spot foto yang cocok diabadikan ke media sosial. Hidangan yang disajikan juga sangat lezat dengan harga yang bersahabat. Pihak manajemen Avros Park juga memanjakan pengunjung dengan live music, sehingga menambah indahnya suasana bersantai ria sambil menikmati hidangan yang telah dipesan.

Avros Park buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 23.00 WIB (weekday) dan 08.00 – 23.00 WIB (weekend). Untuk masuk ke Avros Park tidak dipungut biaya alias gratis. Biasanya para pengunjung ramai berdatangan di akhir pekan. Para pengunjung pun merasa sangat puas dengan fasilitas yang dihadirkan oleh Avros Park.

Penulis: Ade Syaputra

Fotografer: Vicky Siregar