Komunitas Pecinta Anjing, SGM: Dogs Are Not Food!

265

Penulis & Fotografer : Vicky Siregar

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling setia kepada majikannya dan juga memiliki naluri penciuman yang sangat tajam.

Belum lagi saat ini anjing sudah semakin sering dipakai aparat keamanan Indonesia untuk berburu dan mengendetifikasi barang-barang terlarang seperti narkoba, bahan peladak dan lain sebagainya.

Di Kota Medan, ada salah satu komunitas pecinta anjing yang dinamakan Sahabat Gukguk Medan (SGM) yang di mana para membernya selalu melakukan pertemuan di lapangan Merdeka setiap hari Minggu sore.

Biasanya dipertemuan tersebut, para member SGM membawa anjing-anjingnya. Mereka juga selalu sharing mengenai dunia anjing.

“Kita kalau udah kumpul sama kawan-kawan kita bahas mengenai anjing kita, seperti kesehatannya, kebersihannya, cara merawatnya, sampai makanannya juga harus diperhatikan, karena kalau sampai anjing itu makan sembarangan yang kotor-kotor, itu bahaya buat kesehatan tubuh mereka,” ucap Cepi Simanjuntak selaku membidangi program SGM.

Uniknya, SGM juga dikenal memiliki slogan yang benar-benar sangat peduli sekali kepada kondisi anjing saat ini, pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Daniel Pay Halim selaku ketua SGM.

“Saat ini kita sedang fokus mengkampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa, Dogs Are Not Food! karena anjing itu bukan hewan ternak jadi tidak layak untuk dimakan sesuai didalam Undang-Undang dan Perda yang ada,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, SGM juga tidak pernah membatasi untuk para setiap member mereka mengenai jenis anjing apa saja yang boleh bergabung di SGM. Bagi mereka sekalipun itu anjing kampung, mereka tetap terbuka untuk bergabung di SGM, sebab cukup memiliki niat kecintaan kepada anjing dan menolak anjing untuk dimakan sudah cukup menjadi modal utama untuk bergabung dengan Sahabat Gukguk Medan.