Kata Siapa Main Aplikasi Kencan Itu Tabu? 

21

Sudah setahun lebih kita dihadapkan dengan pandemi yang mengharuskan kita membatasi ruang gerak, baik itu di pekerjaan, pergaulan, dan kehidupan sosial lainnya. Belum lagi urusan percintaan. 

Buat yang sudah memiliki pasangan saja, sudah kesulitan untuk sekedar nge-date bareng, ngopi pulang kerja maupun untuk Netflix & chill bareng di Saturday Night. Lalu bagaimana lagi dengan jomblo-jomblo diluar sana? Kalau terus PSBB, PPKM atau apapun itu namanya, gimana bisa dapat gebetan

Tenaaang, Kover punya cara buat Kawans semua yang mudah dan gak ribet. Cukup dengan handphone, kalian bisa langsung swipe kanan ke cowok atau cewek yang kalian suka. Caranya? Yes! Dating apps.

Dating apps atau bisa disebut aplikasi kencan agaknya sudah tidak lagi menjadi hal yang tabu sekarang ini. Paradigma kencan konvensional sekarang rasanya sudah semakin bergeser dan muda-mudi mulai mengaplikasikan cara-cara baru untuk berkencan atau menemukan teman kencan. Terbukti kok, tidak satu atau dua pasangan saja yang akhirnya menikah setelah berkenalan dan berkencan di dunia maya.

Berdasarkan data yang ada, pengguna aplikasi kencan sudah mencapai lebih dari 200 juta users di seluruh dunia dan diprediksi akan terus bertambah hingga mencapai angka 276.9 juta pengguna di tahun 2024.

Nah, kira-kira udah tau aplikasi apa saja yang bisa kalian coba untuk menemukan teman kencan? Atau mungkin pasangan hidup? 

 

1. Tinder

Diurutan pertama, ada Tinder. Aplikasi kencan online ini adalah aplikasi yang paling banyak digunakan, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Berdasarkan survei dari Tinder sendiri, chatting adalah aktivitas yang meningkat drastis di masa pandemi ini. And guess what? Sepanjang Maret hingga Mei 2020, 49% pengguna yang memanfaat Tinder untuk berkenalan setelah berhasil match adalah pengguna di kawasan Asia. 

 

2. OkCupid

Kalau aplikasi ini punya step yang cukup panjang sebelum kamu memulai pencairan terhadap teman kencan. Kamu diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan terkait diri kamu dan pasangan yang kamu harapkan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang menarik dimana kamu bisa mengisi dan menjawab beberapa pertanyaan, bahkan jika bertemu pasangan match (cocok) kalian bisa bikin playlist musik dan menyusun daftar film yang bisa ditonton bareng selepas pandemi. Uhuuuyyy!

 

 

3. Bumble

Aplikasi ini belakangan cukup melejit dan banyak digunakan. Untuk tampilan dan cara penggunaannya juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi kencan lain, dimana kalian bisa swipe right untuk menyukai profil seseorang dan swipe left jika tidak. Yang membedakan Bumble dengan aplikasi lain adalah jika kedua belah pihak saling tertarik (match) namun dalam waktu 24 jam pihak perempuan belum mengirimkan pesan apapun, otomatis profil kalian akan langsung unmatch dan tidak terhubung lagi.