Kartini Fest Rayakan Kebangkitan Perempuan

169

Penulis: Ade Syaputra
Fotografer: Indriyana Octavia

Sirkulasi Kreasi Perempuan (Sirkam) dan Hujan Kata-kata menyelenggarakan acara peringatan Hari Kartini di Degil House, Jalan Sei Silau No. 50/54 Medan. Kegiatan ini mengusung tema yang dikutip dari buku Pramoedya Ananta Toer, “Panggil Aku Kartini Saja!” yang berisikan tentang sosok kartini bukan dari status kebangsawanannya tapi karena semangatnya untuk memperjuangkan kesetaraan seluruh manusia.

Mayoritas pengisi acara Kartini Fest adalah perempuan seperti penampilan Bintang Le Blue, Medan Blues Society, Merahitam, experimental performance dari Woman at The Mirror, sing a long dari Mimong, pembacaan puisi dari Batari Ratih, Lingkar Basa, Adinda Zahra, Medan Blues Society. Selain itu juga ada creative bazaar yang memeriahkan Kartini Fest diantaranya adalah Woodland Skate, Babiat, Anting Nenek, Glatice, Onolshop.id, Hvmanmoon dan Kaos Degil.

Acara ini dihadiri oleh komunitas, seniman, dan beberapa penyair di kota Medan. Dekorasi lembar-lembar kertas yang berisikan puisi dan kata-kata inspiratif dari Raden Ajeng Kartini  digantungkan di area lokasi kegiatan ditemani sinar cahaya dari beberapa obor membuat pengunjung merasakan pengalaman unik yang tak terlupakan.

Citra Hasan Nasution selaku penggagas komunitas Sirkulasi Kreasi Perempuan (Sirkam) berharap kegiatan ini lebih baik dan akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan.