‘Kovertalk’ Every Place Is School, Everyone Is Teacher

97

Penulis             : Imada Lubis
Fotografer        : Vicky Siregar

Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, Kover Magazine menggelar Kovertalk. Sebuah ajakan untuk saling berdiskusi tentang perkembangan dan pengembangan pendidikan Indonesia khususnya di Sumatera Utara.Mengusung tema Every Place Is School Everyone Is Teacher, diharapkan Kovertalk yang dihelat pada Sabtu, 27 April lalu mampu membangun semangat dan menjadi nilai baru bagi masyarakat ke depan.

Adapun ketiga narasumber yang hadir yakni Togu Simorangkir, pendiri Yayasan Alusi Tao Toba yang juga meraih Anugrah Kick Andy Heoes 2019. Arnila Melina seorang dokter muda yang mendirikan Pondok Belajar Arnila di Belawan. Terakhir adalah Ismail pendiri Rumah Baca Bakau. Ketiga narasumber diatas sudah membuktikan melalui tindakan nyata jika setiap orang bisa menjadi guru dan setiap tempat bisa menjadi sekolah.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

Togu sendiri misalnya, merupakan lulusan Master Bidang Konservasi Primata dari Oxford Brookes University, tak terkait sama sekali dengan pendidikan. Setelah 16 tahun merantau, ia putuskan pulang kampung dan mendirikan Yayasan Alusi Tao Toba pada 18 Juni 2009 lalu. Kini setelah 10 tahun, Alusi Tao Toba menjadi penolong anak-anak Samosir yang kesulitan akses belajar dan membaca.

CEO Kover Magazine, Boydo Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwadiskusi kali ini tak hanya tentang perkembangan pendidikan namun juga sebuah konsep bagaimana melaksanakan kebaikan melalui pendidikan. Boydo mencontohkan bagaimana aktivitas mengajar yang dilakukan seorang guru dapat dimaknai sebagai pekerjaan luar biasa.

“Artinya dia tak hanya mencerdaskan, namun juga mewariskan ilmu yang nilainya tak bisa dihargai dengan harta berapa pun banyaknya,” katanya.