JOKO WIDODO MENJADI PEMIMPIN NEGARA KE-7 YANG DIVAKSINASI

76

Vaksinasi Covid-19 mulai dilakukan sejak akhir Desember 2020 sebagai salah satu upaya menghentikan pandemi Covid-19. Pada Rabu (13/1/2021), menyusul para pemimpin negara lainnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disuntik vaksin Covid-19 Sinovac. Joko Widodo divaksin sekitar pukul 09.30 WIB di Istana Presiden, Jakarta. Proses vaksinasi  dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan dan disiarkan secara langsung melalui kanalYoutube Sekretariat Presiden. Lalu pemimpin negara mana saja yang sudah divaksin Covid-19, berikut laporannya :

1. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Telah menerima vaksin virus corona di Sheba Medical Center, rumah sakit terbesar di negara itu, di Ramat Gan dekat kota pesisir Tel Aviv, pada 19 Desember 2020. Pada Januari lebih dari 10 persen populasi Israel telah menerima dosis pertama vaksin virus corona.

2. Presiden terpilih Amerika Serikat

Melansir BBC, 21 Desember 2020, Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, disuntik vaksin pada 21 Desember 2020. Penyuntikannya juga disiarkan langsung di televisi untuk meyakinkan rakyat AS bahwa vaksin itu aman. Biden mendapat vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Christiana Care di Wilmington, Delaware, AS. Tim Biden telah menetapkan target 100 juta vaksinasi Covid-19 di AS selama 100 hari pertama pemerintahan di Gedung Putih.

3. Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence


Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ketika menerima dosis vaksin Covid-19 pada Jumat (18/12/2020). Pence disuntik bersama istrinya di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di kompleks Gedung Putih. “Keyakinan pada vaksin itulah yang membawa kita ke sini pagi ini. Saya tidak merasakan apa-apa. Sudah selesai dilakukan dengan baik,” kata Pence, dikutip dari The Guardian, 18 Desember 2020.

4. Perdana Menteri Singapura

In this photo released by Singapore’s Ministry of Communications and Information,

Diberitakan Reuters, 8 Januari 2021, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 pada 8 Januari 2021. Meskipun Singapura telah berhasil memberantas sebagian besar kasus dan hanya melaporkan beberapa kasus lokal dalam beberapa bulan terakhir, namun Singapura tetap melakukan vaksinasi. Pemerintah mengatakan studi menunjukkan hampir 60 persen penduduk bersedia divaksinasi. “Itu akan membuat kita lebih aman, dan itu akan membuatmu dan orang yang kamu cintai juga lebih aman, jadi tolong ambillah saat kamu bisa,” kata Lee setelah menerima suntikan di rumah sakit setempat. Dikutip ABC, 8 Januari 2021, vaksin yang diterima Lee adalah Pfizer-BioNTech

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

5. Raja Arab Saudi

Diberitakan Arab News, 8 Januari 2021, Raja Arab Saudi, Raja Salman menerima dosis pertama vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech di Neom. Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan saudara laki-lakinya Pangeran Khalid bin Salman bersama dengan beberapa pejabat senior Saudi lainnya, telah mengambil dosis pertama vaksin. Melansir Strait Times, 9 Januari 2021, Arab Saudi meluncurkan kampanye vaksinasi virus korona pada 17 Desember setelah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech.

Kementerian kesehatan mengatakan program itu akan diluncurkan dalam tiga fase, dimulai dengan orang-orang yang berusia di atas 65 tahun dan mereka yang menderita penyakit kronis atau berisiko tinggi terinfeksi. Orang yang berusia di atas 50 tahun akan divaksinasi berikutnya, dengan semua orang termasuk dalam tahap ketiga.

6. Ratu Kerajaan Inggris

Ratu dan suaminya berada dalam kategori prioritas dalam peluncuran vaksin virus corona di Inggris.

Mengutip CNN, 9 Januari 2021, Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip divaksin Covid-19 di Kastil Windsor pada 9 Januari 2021. Diberitakan France24, pemerintah berencana untuk memvaksinasi sekitar 15 juta orang pada pertengahan Februari, untuk memudahkan penguncian ketat baru yang diberlakukan setelah lonjakan kasus harian. Meski tidak disebutkan vaksin yang digunakan, terdapat 3 vaksin yang disetujui diberikan di Inggris, yaitu Oxford-AstraZeneca, Pfizer-BioNTech dan Moderna.

7. Presiden Indonesia – Joko Widodo


Presiden Jokowi telah divaksin pada Rabu (13/1/2021) pagi. Dengan divaksinnya Presiden Jokowi, menjadi penanda dimulainya vaksinasi di Indonesia. Dilansir Kompas.com, Rabu (13/1/2021), vaksinasi Jokowi berjalan lancar. Adapun yang menyuntikkan vaksin Covid-19 pada Jokowi adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan dr Abdul Muthalib. Baca juga: Link Live Streaming Vaksinasi Perdana Presiden Jokowi Dia mengatakan tidak ada pendarahan di bekas suntikan.

Daftar orang-orang pertama yang divaksinasi bersama dengan Presiden Joko Widodo

Setelah divaksin, Jokowi menunggu 30 menit di Istana Merdeka untuk memantau Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI). Selain Presiden Jokowi, pejabat lain yang ikut divaksinasi Covid-19 secara perdana yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin, karena faktor usia.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Kompas, CNN Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia