Intip Gejala Kekurangan Vit C Pada Tubuh

103

Medan, Kovermagz – Vit C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat  baik bagi tubuh. Mengandung manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit termasuk alasan mengapa vit C sangat dibutuhkan bagi tubuh.

Vit C atau biasa yang disebut dengan asam arkorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Kandungan Vit C dapat diambil dari buah serta sayuran segar, ataupun suplemen.

Dimasa pandemi seperti sekarang, Vit C menjadi salah satu vitamin yang banyak dicari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebenarnya, bukan hanya meski dikonsumsi saat pandemi, mengkonsumsi Vit C memang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencukupi asupan harian vitamin tubuh.

Dikutip dari Healthkompas.com, orang dewasa membutuhkan setidaknya 90 mg vit C perharinya atau setara dengan 2 buah jeruk. Itulah alasan mengapa Vit C diperlukan pada tubuh dan jika tubuh kekurangan Vit C akan mengalami beberapa gejala mulai dari lemas hingga penyakit lainnya. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Gusi berdarah

Tanda yang paling terlihat jelas adalah gusi berdarah. ini disebabkan oleh pembuluh darah yang melemah dan meradang akibat Vit C yang tidak memadai pada pembuluh darah.

Gusi akan mudah untuk terluka walau tergersek dalam insensitas yang kecil, bahkan saat menyikat gigi, orang yang kekurangan Vit C dalam tubuh akan gampang mengalami gusi berdarah.

Baca Juga:  10 Menu Baru Hadir di Hotel Horison Sky Kualanamu

2. Kulit yang mudah memar

Pernah alami kulit memar walau tak terbentuk benda keras? Bisa jadi itu anda kekurangan Vit C.

Kadar Vit C yang rendah dalam tubuh menyebabkan pemuluh darah dibawah kulit akan mudah pecah dan menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya.

3. Kelelahan

Mudah lelah jika beraktifitas juga merupakan salah satu tanda kekurangan asupan Vit C dalam tubuh.

Selain kelelahan, biasanya suasana hati akan menjadi rendah akibat kurangnya asupan pada tubuh.

4. Sendi bengkak

Sendi bengkak merupakan salah satu tanda kekurangan Vit C yang jika dibiarkan dalam menyebabkan kesulitan dalam berjalan atau pincang.

5. Kulit sangat kering

Kandungan Vit C sangat baik pada untuk kulit, terlebih kuliy epidermis bagian terluar. Vit C dapat melindungi kulit dari masalah kulit seperti kering dan kusam.

Jika kulit terluar mengalami gejala cenderung mudah kering meski saat sudah kenakan bodylotion, bisa jadi kulitmu alami kekurangan Vit C.

6. Tulang yang mudah lemah dan keropos

Ternyata kekurangan Vit C dapat menyebabkan tingkat pengeroposan tulang yang cepat, lho.. hal ini dapat meningkatkan resiko patah tulang serta osteoporosis pada tulang.

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai sumber