Ini Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Vitamin

141

Medan, Kovermagz – Mengkonsumsi vitamin mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang. Kandungan yang terdapat dalam vitamin mampu memberikan manfaat bagi pengkonsumsinya.

Ditambah lagi, kondisi dunia yang sampai saat ini masih menghadapi sebuah wabah asal Wuhan, China, yaitu covid-19, akhirnya membuat masyarakat menjadi jauh lebih melek akan kesehatan.

Umumnya vitamin dikonsumsi harian dalam dosis yang sudah ditentukan. Ada yang diminum saat malam hari, atau malam hari.

Mayoritas masyarakat, biasanya mengkomsumsi vitamin saat sehabis makan, padahal nyatanya, kita harus memperhatikan isi kandungan vitamin tersebut sebelum memutuskan waktu mengkonsumsinya.

Untuk beberapa jenis vitamin, terdapat beberapa tipe yang terkandung dalam lemak. itu artinya, vitamin tersebut hanya larut dan diserap dengan baik oleh tubuh ketika disertai dengan asupan lemak.

Dilansir Very Well Fit, berikut ini adalah rangkuman waktu serta cara terbaik untuk mengonsumsi vitamin dan mineral berdasarkan jenis dan kandungan dalam vitamin:

Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga penglihatan, organ, dan sistem reproduksi agar tetap dalam kondisi baik. Karena tidak ada bukti yang menyebutkan waktu terbaik untuk mengonsumsinya, kamu dapat memilih waktu yang menurut Anda paling aman dan nyaman untuk mengonsumsi vitamin A.

Satu hal yang perlu diperhatikan, banyak vitamin A yang mengandung beta-karoten. Artinya, kamu harus meminumnya bersamaan dengan lemak.

Vitamin B

Vitamin B membantu tubuh berfungsi dengan baik agar tetap sehat. Ketika kadar vitamin B terlalu rendah, kamu mungkin merasa lebih lelah dari biasanya, meski aktivitas tak terlalu padat.

Cara paling mudah mendapatkan hasil luar biasa dari vitamin B adalah mengonsumsinya di pagi hari bersamaan dengan sarapan.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Vitamin C

Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu fungsi sistem kekebalan tubuh agar lebih efektif. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam membantu melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas.

Karena jenis vitamin ini larut dalam air, kamu tidak perlu mengonsumsinya dengan makanan.

Vitamin D

Jenis vitamin ini biasanya didapatkan dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, pemenuhan akan vitamin D juga bisa dibantu lewat mengonsumsi suplemen.

Vitamin ini memiliki banyak peran dalam tubuh, salah satunya adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kamu dalam kondisi yang baik.

Vitamin E

Vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu memperlebar pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah. Bila tubuhmu kekurangan vitamin D, akan terjadi kerusakan saraf, masalah penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Untuk hasil yang optimal, perlu mengonsumsi vitamin E dengan makanan yang mengandung lemak.

Vitamin K

Untuk membantu pembekuan darah, diperlukan asupan vitamin K. Tak hanya itu, vitamin K juga membantu dalam membangun tulang yang kuat, melindung tubuh dari bahaya sel kanker.

Untuk mengonsumsi vitamin K, kamu dapat bebas memilih waktu yang dirasa aman dan nyaman, serta makanlah bersamaan dengan asupan lemak.

Multivitamin

Multivitamin menggabungkan apa yang dianggap para peneliti sebagai vitamin dan mineral paling dibutuhkan tubuh dalam satu pil harian yang mudah dikonsumsi. Meskipun banyak orang mengonsumsi multivitamin di pagi hari, terutama bagi orang yang mengonsumsi obat lain, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin.

Kamu dapat konsumsi multivitamin dengan disertai  makanan, karena beberapa vitamin di dalamnya kemungkinan besar larut dalam lemak.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa