Ini Langkah Yang Harus di Lakukan Ketika Mencuci Buah & Sayuran Saat Pandemi

159

Pandemi virus corona telah mempengaruhi kehidupan semua orang, dan membawa perubahan baru dalam rutinitas harian masyarakat.

Menurut para ahli kesehatan, menjaga jarak sosial dan mempraktikkan kebersihan yang baik adalah cara terbaik untuk tetap aman dan menghindari infeksi virus yang menular.

Oleh karena itu, sejak wabah COVID-19, banyak hal telah menjadi normal baru dalam kehidupan kita seperti sering mencuci tangan, atau menggunakan handsanitizer, memakai masker serta faceshield, mandi dan mencuci pakaian setelah kembali ke rumah dari berbagai tempat saat kerja atau belanja bahan makanan, serta lain sebagainya.

Tapi bagaimana dengan buah-buahan, sayuran dan barang-barang belanjaan yang kita beli dari pasar? Apakah anda mencucinya sebelum menyimpannya di lemari es?

Mengapa Anda Harus Mencuci Bahan Makanan Anda?

Ada kemungkinan besar bahwa barang-barang penting yang Anda beli dari toko atau pemilik toko yang berbeda mungkin telah terpapar oleh virus corona yang menular.

Pikirkan tentang jumlah orang yang mungkin berhubungan dengan produk-produk ini, para petani, pekerja, pedagang, pedagang grosir, pengecer, dan orang lain yang terlibat dalam transportasi.

Karena jumlah kasus COVID-19 meningkat dengan cepat, kemungkinan buah-buahan, sayuran, dan bahan makanan Anda mungkin terkontaminasi.

Cara Membersihkan Bahan Makanan

Keamanan Pangan dan Standar Otoritas India (FSSAI) baru-baru ini mengeluarkan arahan yang menyarankan cara yang tepat untuk membersihkan buah, sayuran, dan bahan makanan. Berikut adalah 6 arahan yang harus dilakukan:

  1. bersihkan tangan Anda segera setelah Anda pulang dari toko kelontong. Ingat Anda harus mencuci tangan dengan sabun atau mencuci tangan selama setidaknya 30 detik. Jika Anda menggunakan handrub, pastikan untuk menggosok bagian atas telapak tangan dan di antara jari-jari.
  2. Keluarkan pakaian Anda dan masukkan ke tempat terpisah untuk dicuci. Segera mandi. Jangan menyentuh apa pun di rumah sebelum Anda membersihkan dan membersihkan diri Anda sendiri.
  3. Keluarkan kotak, paket atau tas yang Anda dapatkan dari toko kelontong atau buah-buahan atau penjual sayur. Buang langsung ke tempat sampah.
  4. Ggunakan larutan berbasis alkohol atau air sabun untuk membersihkan semua paket bahan makanan atau makanan. Anda juga dapat menggunakan cairan disinfektan pembersih untuk membersihkan paket.
  5. Cuci buah dan sayuran Anda menggunakan air bersih yang disaring atau minum. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah besar berisi air dan tambahkan setetes klorin 50ppm ke dalamnya. Rendam buah-buahan dan sayuran dalam larutan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan kain basah atau air minum bersih.
  6. Kemas buah-buahan dan sayuran dalam wadah atau paket bersih dan masukkan ke dalam kulkas. Jangan menyimpan buah dan sayuran di lemari es tanpa membersihkannya.
  7. Anda tidak boleh menggunakan desinfektan atau tisu atau sabun untuk membersihkan buah dan sayuran Anda. Dan selalu ingat untuk mencucinya dengan air minum sebelum Anda memasak atau memakannya.
Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

Artikel ini telah tayang pada laman website the healthsite: https://www.thehealthsite.com/news/this-is-how-you-should-clean-your-fruits-vegetables-and-groceries-during-the-pandemic-755817/

By: Lonjam Dineshwori