Diklaim Sebagai Antivirus Corona, Apa Saja Sebenenarnya Manfaat Eucalyptus?

143

Medan, Kovermagz.com – Kementrian Pertanian (kemenpar) telah mengeluarkan inovasi terbaru, yakni kalung anti corona yang dirilis mei lalu.
Produk ini adalah hasil uji lab dari para peneliti pertanian yang dinilai mampu menangkal penyebaran virus terjadi.

Lantas apa saja sebenarnya manfaat eucalyptus?

Meredakan Batuk
Batuk dapat muncul dari beberapa hal, salah satunya adalah alergi, infeksi virus ataupun kondisi lainnya pada tubuh. Salah satu manfaat dari minyak Eucalyptus yang sudah lama digunakan oleh masyarakat adalah untuk meredakan gangguan batuk. Caranya dengan menghirup minyak Eucalyptus sebagai dekongestan alami. Dengan menghirup uap minyak Eucalyptus akan membantu untuk melegakan tenggorokan. Kamu juga bisa mengusapkan minyak tersebut di tubuh agar batuk, pilek lebih lega.

Mengurangi nyeri pada persendian
Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalyptus. Tak hanya sebagai penghangat, minyak kayu putih memiliki kemampuan sebagai pereda nyeri pada sendi. Obat-obatan ini umumnya dijual dalam bentuk krim ataupun salep.

Membantu meringankan kondisi sinusitis dan asma
Selain untuk mengatasi keluhan berupa batuk dan pilek, minyak Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pernapasan seperti asma dan juga sinusitis. Minyak Eucalyptus tidak hanya memiliki manfaat untuk mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan, namun minyak ini juga dapat membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Dengan menggunakan minyak Eucalyptus sehingga dahak pun mengencer, maka dahak yang encer ini dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah. Selain kemampuannya untuk mengencerkan dahak, minyak ini pun memiliki kemampuan untuk menekan gejala dari asma.

Meringankan keluhan sakit kepala
Ketika mengalami sakit, banyak orang yang mengoleskan minyak Eucalyptus pada daerah dahi hingga ke leher untuk meredakan rasa sakit. Secara umum, memang minyak Eucalyptus tidak mampu untuk menyembuhkan sakit pada kepala.

Mengatasi bau pada mulut
Tahukah kamu bahwa minyak Eucalyptus juga mengandung antibakteri? Minyak Eucalyptus dengan kandungan antibakteri dapat mengatasi bau pada mulut yang ditimbulkan oleh kuman. Dengan adanya antibakteri ini maka kerusakan pada gusi serta terbentuknya plak juga dapat dikurangi.

Kamu bisa mengecek kandungan pada obat kumur maupun pasta gigi apakah mengandung ekstrak Eucalyptus. Selain dari obat kumur maupun pasta gigi, kini juga sudah ada permen karet dengan ekstrak Eucalyptus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menjauhkan serangga
Gangguan serangga seperti nyamuk dapat mendatangkan berbagai macam keluhan penyakit pada tubuh. Untuk menghindari gigitan serangga, salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari penyakit yang mereka bawa seperti malaria dan demam berdarah.

Menggunakan semprotan pengusir nyamuk mungkin efektif, namun mengandung bahan kimia yang terlalu kuat. Kini ada beberapa merek minyak botanical pengusir serangga yang dibuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Anti Inflamasi
Minyak Eucalyptus memiliki kemampuan anti inflamasi yang dapat meredakan gejala dari herpes. Caranya cukup mengaplikasikan minyak Eucalyptus untuk mengurangi sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih atau Eucalyptus yang sering digunakan masyarakat sehari-hari. sampai saaat ini belum ada kasus terbukti sembuh dari covid19 yang terjadi dimasyarakat, namun jenis tanaman ini memang ampuh untuk meredakan berbagai jenis penyakit.

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber