Ini 5 Manfaat Bermain Bulu Tangkis di Tengah Pandemi Covid-19

440

Medan- Kovermagz.com – Bulu Tangkis adalah olahraga yang menjadi alternatif yang sangat baik ditengah pandemik Corona seperti saat ini. Dimana jarak dari tiap pemain dan lawannya memiliki jarak yang aman jika dilihat dari himbauan protokol kesehatan.

Olahraga ini juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kovermagz.com pun merangkum 5 manfaat bermain bulu tangkis

1. Menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan

Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio yang sangat membantu untuk menguatkan otot jantung.

Jika otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan cepat. Hasilnya, oksigen akan mengalir lebihlancar ke dalam sek-sel otot.

Efek ini membuat metabolisme lbih efektif untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus membakar lemak lebih banyak.

Riset yang diterbitkan oleh British Heart Foundation juga membuktikan, seorang berusia 50 tahun dengan berat 70 kilogram dapat membakar 350 kalori hanya dengan satu jam main bulu tangkis.

2. Meningkatkan fungsi otak

Saat bermain bulu tangkis, volume aliran darah dari jantung keotak akan meningkat pesat. Ini dapat meningkatkan kinerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Riset juga menunjukan, kemampuan nalar meningkat drastis pada orang-orang yang melakukan latihan kardio 30 menit per hari minimal lima kali dalam seminggu.

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

3. Menguatkan otot dan persendian tubuh

Bermain bulu tangkis membuat banyak otot tubuh bergerak, yang tentunya sangat membantu dalam membentuk dan menguatkan otot inti.

Otot dan persendian yang kuat juga dapat mencegah kita dari risiko cedera saat olahraga sekaligus memperluas rentang gerak tubuh sehingga kita terhindar dari penyakit arthritis.

4. Menjaga kesehatan mental

Olahraga membantu tubuh melepaskan beta-endorfin, zat alami dalam tubuh yang ratusan kali lebih manjur dibanding morfin.

Olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan hormon serotonin di sistem saraf pusat sehingga akan menimbulkan perasaan senang, peningkatan nafsu makan, dan berkurangnya stres.

5. Melindugi diri dari berbagai penyakit

Bermain bulu tangkis juga membantu mencegah risiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas.

Olahraga ini juga dapat mengurangi mengurangi kadar trigliserida sehingga menurunkan risiko jantung koroner.

Kabar baiknya lagi, rutin bermain bulu tangkis juga dapat meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Bermain bulu tangkis secara rutin juga membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua.

Penulis: Vicky Siregar
Foto: Istimewa