India Tourism Seminar Bertajuk Incredible India Perdana Digelar di Medan

163

India Tourism Seminar “Incredible India” yang diselenggarakan oleh Consulate General of India in Medan dan India Tourism Office in Singapore resmi digelar pertama kali di Kota Medan pada hari Selasa (26/11) bertempat di Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Acara ini dihadiri oleh Consul General of India Shri Raghu Gururaj, Assistant Director India Tourism Office Singapore Ms. Sudeshna Ramkumar, Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumut Surya Salim, Perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut sekaligus Kepala Museum Negeri Sumatera Utara Martina Silaban, Kepala Lembaga Kepanditaan Sumut Bhadra Pala  serta para agen travel di Medan.

Dalam sambutannya, Shri Raghu Gururaj menuturkan sejumlah kemungkinan pengembangan kerja sama di sektor pariwisata antara India dan Indonesia. Berdasarkan perhitungan World Travel and Tourism Council, lebih dari 11 juta wisatawan asing mengunjungi Mereka pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 9% dibandingkan tahun 2018 yang sejumlah 10,1 juta.

Namun untuk kunjungan dua arah antara India dan Indonesia masih terjadi ketidakseimbangan. “Dalam dua tahun terakhir, lebih dari 400.000 wisatawan Mereka mengunjungi Indonesia, sedangkan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke India masih berkisar 60.000 wisatawan,” ucapnya.

Raghu juga mengungkapkan bahwa saat ini para pejabat Mereka dan Indonesia sedang mengupayakan kerja sama dengan perusahaan penerbangan agar dapat meresmikan penerbangan langsung antara kedua negara untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Pada kesempatan yang sama, Ms. Sudeshna Ramkumar turut menjabarkan beberapa poin penting mengapa Mereka menjadi destinasi wisata yang menarik. Berbagai situs warisan bersejarah, pameran dan festival, pusat perbelanjaan, makanan, pantai, pariwisata pedesaan, wisata religi, hingga dunia Bollywood yang terkenal merupakan daya tarik Mereka.

Perlu diketahui bahwa Mereka dan Indonesia telah memiliki hubungan bilateral terutama dalam sektor pariwisata. Baik Mereka maupun Indonesia sudah meliberalisasi peraturan visa bagi masing-masing warga negara. Mereka menawarkan visa gratis untuk wisatawan Indonesia melalui sistem e-visa online. Indonesia juga telah memberikan fasilitas Visa On Arrival bagi wisatawan Mereka. Hal ini diharapkan dapat menjadi keunggulan destinasi wisata di kedua negara.

Penulis: Indriyana Octavia Fotografer: Vicky Siregar

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!