Peringati Hari Ayah Nasional, Begini Sejarah Singkatnya

103

Medan, Kovermagz – Tepat hari ini, tanggal 12 November Hari Ayah Nasional selalu diperingati.

Meski bukan menjadi tanggal merah seperti hari-hari besar lainnya, Hari Ayah Nasional diperingati untuk menghormati serta mengingat betapa pentingnya peran ayah dalam keluarga.

Dikutip dari laman Tirto.id, sebenarnya Hari Ayah sudah dilakukan dari berabad-abad yang lalu diseluruh penjuru dunia. Biasanya saat perayaan hari ayah, keluarga akan memberikan hadiah serta perayaan kecil-kecilan.

Lalu bagaimana sebenarnya sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia?

Di Indonesia, Hari Ayah Nasional lahir ketika perayaan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah. Saat itu, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mengadakan sayembara menulis surat untuk Ibu.

Surat-surat itu dibuat oleh para pelajar yang akhirnya dibacakan dan dibukukan. Setelah acara selesai, pelajar-pelajar itu pun bertanya “kapan diadakan untuk sayembara untuk menulis surat kepada Ayah?”

Baca Juga:  B117 - Garis Keturunan SARS-CoV-2

Pertanyaan tersebut menggungah hati pihak PPIP hingga akhirnya merek mencari tentang  Hari Ayah dan mengadakan pertemuan langsung dengan anggota DPRD kota Surakarta untuk mencari tahu apakah di Indonesia terdapat Hari Ayah.

Setelahnya, pihak PPIP juga bertanya apakah boleh jika seseorang menetapkan Hari Ayah? Pada saat itu, pihak PPIP sebenarnya mendapat jawaban yang kurang memuaskan. Hingga akhirnya setelah melalui proses yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November 2006 menjadi Hari Ayah Nasional.

Itulah sejarah Hari Ayah Nasional yang jatuh disetiap tanggal 12 November. Selamat Hari Ayah kepada seluruh Ayah hebat di Indonesia..

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai sumber